Memperbaiki Android Tidak Bisa Menambahkan Akun Google

Selama 2 hari saya dipusingkan dengan masalah Play Store yang selalu error dan tidak bisa tersambung ke internet, karena tidak mau terus dipusingkan dengan satu masalah akhirnya dengan sangat terpaksa saya melakukan "Hard Reset" pada gadget milik pribadi dan setelah gadget menyala saya harus memasukkan kembali alamat email Google (Gmail), namun alangkah terkejutnya saya karena tidak bisa menambahkan alamat email dan muncul peringatan seperti berikut

Error
Couldn't sign in

Can’t establish a reliable connection to the server.
This could be temporary problem or your Android device may not be provisioned for data services. If it continues, call Customer Care
Atau Bahasa Indonesianya kurang lebih seperti berikut
Tidak dapat masuk

Tidak dapat melakukan sambungan yang dapat diandalkan ke server
Mungkin ini masalah sementara atau perangkat android anda mungkin tidak dapat mengakses layanan data. Jika masalah tetap ada Hubungi Dukungan Pelanggan.

awalnya saya mengira itu hanya masalah koneksi tapi ternyata dugaan saya salah karena setelah saya ganti kartu dan menggunakan koneksi wifi yang super cepat ternyata hal tersebut juga tidak menyelesaikan masalah sampai proses wipe data dan wipe cache juga sudah saya lakukan tapi hasilnya nol besar.
Berawal dari sini akhirnya saya mencari firmware original untuk melakukan "Flashing" tapi juga tidak membuahkan hasil, tak habis akal akhirnya saya mendapatkan gadget yang sama dan saya mencoba mencocokkan file "System" dan akhirnya masalah dua masalah teratasi sekaligus

Apakah Anda memiliki masalah yang sama dengan apa yang saya alami? maka berikut ini cara memperbaikinya:

Langkah Pertama
1. HH harus sudah dalam kondisi di Root dan caranya bisa Anda baca Disini
2. Buka file manager disarankan menggunakan Root Explorer
3. Cari dan buka folder system >> etc
4. Cari file yang mempunyai nama hosts, jika sudah ketemu hapus atau rename file tersebut.
5. Reboot HH Anda lalu berdoa dan cobalah memasukkan kembali akun google Anda kedalam gadget, jika berhasil ucapkan Alhamdulillah

Langkah Kedua
Jika cara diatas belum membuahkan hasil cobalah hapus cache dan data dari "Google Apps" di manajer aplikasi.

Langkah Ketiga
Jika langkah pertama dan kedua tidak membuahkan hasil juga, berikut langkah selanjutnya
1. Masuk ke Pengaturan/Settings Tanggal/Waktu
2. Sesuaikan Tanggal dan Waktu dengan cara memberi tanda centang pada "Otomatis yang disediakan jaringan"
3. Reboot

Langkah Ke Empat
Flashing ulang

Saya rasa dengan cara pertama masalah akan teratasi, selamat mencoba dan semoga berhasil

Note: Karena semua jawaban sudah ada dalam komentar maka kolom komentar saya tutup untuk menghindari komentar spam, harap maklum.

140 Responses to "Memperbaiki Android Tidak Bisa Menambahkan Akun Google"

  1. Anonymous26/4/14

    nyimak aja mas :D
    belum punya android -__-

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bang itu buat root mw d download tular virus.. Gmna donk tlonk :'(

      Delete
  2. Mungkin aja sensor internet nya rusak. Biasa terjadi di hp android yg sudah di Root. Untuk yg masih original, hal ini harusnya tidak mungkin terjadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan sensor internet yg rusak sob tapi emang di dalam file "hosts" itu ada semacam pemblokir proxy jadi gak bisa buat buka playstore atau menambahkan akun google kalo buat internetan biasa (browsing) normal dan emang masalah seperti ini munculnya pada android yang sudah di root

      Delete
    2. Memangnya root mempengaruhi apa saja mas ?

      Delete
    3. sangat membantu mas .. makasih banyak atas bantuan nya .. artikel yg sangt bermanfaat ..!! skli lg makash banyak mas .. salam ..

      Delete
  3. Untungnya tidak pernah mengalami hal yang demikian mas :)

    ReplyDelete
  4. wah pas banget untuk android ane nih :D

    ReplyDelete
  5. trmakasih mas,100% work di langkah awal.

    ReplyDelete
  6. Trima kasih gan ,dr kemarin pusing sendiri cari cara.
    langkah pertama 100%work

    ReplyDelete
  7. Sama-sama dan terima kasih juga sudah berkunjung

    ReplyDelete
  8. Wihh makasih atas tipsnya mas (y)

    ReplyDelete
  9. host punya gue gak bisa di delete/rename gan :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pakai aplikasi Root Explorer dan pada bagian pojok kanan atas rubah R/W menjadi R/O

      Delete
    2. saya menemukan kendala yang sama. dan tidak bisa dirubah dari R/W menjadi R/O . muncul peringatan bahwa ponsel belum di root padahal sudah. gi mana nii??? :(

      Delete
    3. kalau memang begitu kendalanya berarti root belum benar-benar tertanam kedalam system, coba di root ulang lagi

      Delete
  10. Bos masalah saya . Habis instal freedom. Saya sudah ikutin langkah langkahnya. Untuk menambah akun google sudah bisa. Tapi untuk play store masih tidak mau konek. Tolonh solusinya nos.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersihkan data dan cache aplikasi "PlayStore" dan "Layanan Google Play" lalu coba lagi, kalo masih belum bisa coba cara dibawah ini

      Buka aplikasi Link2Sd lalu cari aplikasi "PlayStore" dan "Layanan Google Play" ubah menjadi User App lalu pindahkan kedua aplikasi ke SdCard dan "Uninstall" selanjutnya install ulang kedua aplikasi, jika sudah selesai pindahkan ke memory telepon dan ubah ke System App lalu Restart hp

      Delete
  11. Alhamdulillah sudah bisa bos. Yang para data file COC saya di akun gmail saya hilang
    Soalnya saya gak tau dan mengaktifkan mode 2 arrrrrrgh

    ReplyDelete
  12. Dan alhamdulillah semua udah lancar lagi bos. Btw terimakasih banyak buat u bos. Jika ga ada blok ini bisa bisa hp S3 saya. Udah saya banting. Hahahaha...

    ReplyDelete
  13. Thanks gan 100% work :)
    Tapi gan knp pd saat memperbarui aplikasi tidak bisa ya? terjadi kesalahan gitu,
    Mohon bantuannya gan :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka pengaturan > aplikasi > cari dan klik Play Store > hapus cache
      Cari lagi app pengelola unduhan > hapus cache
      selesai

      Delete
  14. kalau ga ada aplikasi root gimana mas?
    hp saya sudah di root tapi sesudah saya reset hilang aplikasi -_- masih ada cara lain kah?
    mohon dibales :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. HH kalau sudah di root meskipun di hard reset gak bakalan hilang rootnya sob soalnya udah tertanam di system

      Delete
  15. mas pengalaman mas sama dengan saya nih, hp saya juga sama mas kaya begitu.
    tapi saya tidak tau caranya mesti gimana, bingung sudah 2 hari sampai low hp -_-

    ReplyDelete
  16. alhamdulillah, pertamax bgt, terimakasih bgt, it's working bgt di HH lg e612 ane cukup dilangkah pertama aja (disertai butir ke 5 dgn caranya masing2).

    ReplyDelete
  17. harus bilang apa lagi selain bilang TERIMA KASIH BANYAK untuk agan yang ini... akhirnya HH ane bisa pulih dan tutorial ini WORK100% bermanfaat gan postingannya...

    ReplyDelete
  18. punya saya hostsnya sudah terlanjur saya hapus pake ES file explorer mas. gimana kalo sudah kayak gtu mas?? masih tetep g bisa masuk k akun google play storenya mas? :'(

    ReplyDelete
    Replies
    1. tidak masalah dicoba saja memasukkan akun google kalau tetap gagal solusinya copy file Host dari HH milik temen

      Delete
  19. tetap aja ga bisa mas -__-
    ini hp.ku nokia x, kan emank pd dasarnya nokia x gag akses layanan google playstore. tp udh tak root, tinggal masuk k akun googlenya aja yg dari kemarin gag bisa" mas :-( padahal google map.nya juga udah bisa jalan looh..

    ReplyDelete
  20. alhamdulillah work :3

    ReplyDelete
  21. Thank u!,, Langsung bisa!!,,....

    ReplyDelete
  22. nih ane ksh tips walau bkn tips login akun google di playstore atau gmail (maaf klo spam)
    1. misal usser anda : android97@gmail.com dan password 1234
    2. ketik usser nya : android97 (tanpa @gmail.com) dan password 1234 (sesuai pass)
    3. tunggu aja (pastikan inet lancar jaya)
    4. jeng jeng bisa dibuka...klo tampilanya aneh coba out dulu tggu 5 mnt masuk lg

    ReplyDelete
  23. wah... android punya tetangga aku, kerusakannya persis kayak gini nih.
    besok aku jalasin ke tetangga biar play store pada androidnya gak error lagi.
    Thanks ya gan atas artikel ini... :)

    ReplyDelete
  24. permisi mas, numpang nanya... masalah saya sama seperti mas, saya mencoba pakai root explorer, tapi setiap saya install n start, root explorer selalu terhenti. sudah saya download berbagai versi root explorer, tetap saja tidak bisa.... saya pakai samsung tab 2 7.0 p3100, mohon bantuannya mas....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo pake aplikasi freedom, uninstall saja aplikasinya sob. alternatif Root Explorer bisa pake X-plore cari aja di play store. buka menu configuration x-plore pilih superuser mount writable. kelemahan X-plore tidak bisa untuk merubah settingan permission tapi akan tersetting secara otomatis sesuai kebutuhan

      Delete
  25. Makasih gan, work!! Awalnya saya rusak gitu gara gara root sama nginstal freedom. Saya udah di factory reset, masih aja gitu, eh ternyata file host nya aja di hapus. Makasih ya gan.

    ReplyDelete
  26. gan kenapa hoots nya engga bisa di hapus

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo gak bisa dihapus copy file hosts yang masih sehat lalu paste ditempat file hosts berada (ditimpa aja sob)

      Delete
  27. Flashing itu apa mas?? apa di install ulang???

    ReplyDelete
  28. alhadulillah gan work 100% terima kasih banyak atas postingannya. sukses selalu gan..

    ReplyDelete
  29. saya juga pernah ngalamin hal seperti itu mas,izin takcoba dulu yah

    ReplyDelete
  30. udah saya root, di hapus file hostnya, tapi tetep gak bisa,gimn mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. matikan atau uninstall aplikasi freedom-nya, lalu hapus file hosts atau copy file hosts yang masih sehat dan paste ke gadget sobat.

      NB: file hosts sama di setiap android

      Delete
  31. Makasih banget bangg, alhamdulillah udah bisa (y)

    ReplyDelete
  32. Kalo biar internetnya ga lelet gmna bang? Buat download cepet gitu?

    ReplyDelete
  33. gan , knpa ya google+ saya gak bisa dibuka, dan stiap dibuka mncul pesan
    layanan google play, yang di andalkan oleh beberapa aplikasi anda, tidak di dukung oleh perangkat anda.
    mhon sarannya
    sbgai catatan sya mke samsung s4 replika :D

    ReplyDelete
  34. Agung Laksono@ gak bisa bro, bisa tapi harus deket dengan BTS dan paket data yang harganya paling mahal :)

    Mazrie lianor@ Replika, Supercopy, Superking atau apalah namanya tidak sesuai dengan spesifikasi yang tertera, misal spek tertulis Android 4.2 Jelly Bean nyatanya cuma gingerbread
    itulah yang menyebabkan beberapa aplikasi tidak support dan tidak bisa jalan di gadged Anda

    ReplyDelete
    Replies
    1. ada cara betulinnya ga gan??
      biar si replika bisa konek g+
      kalo ada tolong ditampilin gan
      terima kasih

      Delete
  35. Terimah kasih.......

    ReplyDelete
  36. Alhamdulillah sob. udah satu bulan lebih cara cara buat memperbaiki akun saya, dan sekarng akhirnya ketemu solusinya,skr playstore saya lancar jaya sob...

    ReplyDelete
  37. work banget gan, sering2 punya masalah dah biar posting2 lagi dan bermanfaat bagi bnyak orang . :v

    ReplyDelete
  38. Saya ucapkan selamat buat yang sudah berhasil dan buat yang belum berhasil silahkan coba lagi :)

    ReplyDelete
  39. Gan, ini freedom.apk nya harus di uninstall kan biar nanti ga ada masalah lagi?

    ReplyDelete
  40. gan saya mau tanya kan host punya saya gk bisa di apus terus saya udh copy host dari host tab ane tapi pas mau di copy kok katanya some file couldn't copy (saya pake x-plore) solusinya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah di Root apa belum? jika sudah di Root gunakan aplikasi Root Explorer, kalo tetap tidak bisa dan sobat menggunakan aplikasi Freedom maka matikan aplikasi tersebut dengan memilih Stop yang terdapat pada menu aplikasi freedom.

      Delete
  41. Mas file hosts nya gk bisa dihapus

    ReplyDelete
  42. BIASAKAN BACA COMMENT YANG ADA KARENA SAYA TIDAK AKAN MENJAWAB PERTANYAAN YANG SAMA

    ReplyDelete
  43. makasih gan turtor membantu banget
    sempet bingunh td trs baca artikel jenengan jd clear masalahnya
    berjalan lancar di treq tune z2 ane

    ReplyDelete
  44. Alhamdulilah pake cara yg no.1 langsung berhasil,,
    Tq gan...

    ReplyDelete
  45. Kalo nya hosts nya gk ada gimana gan

    ReplyDelete
  46. Thanks bgt gan work 100% haha

    ReplyDelete
  47. Makasih mas .. ngebantu bangett .. langkah 1 langsung bisa

    ReplyDelete
  48. makasih mas work 100% pake cara 1

    ReplyDelete
  49. gan kenadala saya seperti ini gan. saya sudah ke konter tapi gak ada yg bisa. sudah di un-root di konter gan saya pengen root kembali gan ada yg tau caranya gak? help gan :(

    ReplyDelete
  50. Kalau file ets sudah terhapus gmn solusinya mas

    ReplyDelete
  51. loh mas knp hosts saya langsung ilang ya pas di root
    saya nyari lghosts nya ilang,....kemana yah

    ReplyDelete
  52. tolong balesannya ya mas

    ReplyDelete
  53. aku hp nya oppo to mas

    ReplyDelete
  54. oh guys ternyata work 1000000% haha makasih banget yah guys!!!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
  55. makasih gan atas infonya

    ReplyDelete
  56. alhamdulillah cara pertama juga langsung sekses makasih @aditya putra, makasih ya ALLAH :D

    ReplyDelete
  57. Berhasil gan pake cara pertama. Thx ;)

    ReplyDelete
  58. Kebetulan msalah ini sama dgan hp saya skrg.. Tp saya kurang mngerti bhsa nya jg bhsa komputer ini gimana saya gk mudeng ms Hh itu ap ya..

    ReplyDelete
  59. Thanks gan alhamdulilah cara pertama sukses

    ReplyDelete
  60. Post Ini Sangat Membantu Jangan Lupa Kunjungi Blog Ane juga ya... ^^
    http://aikawafaith.blogspot.com/

    ReplyDelete
  61. Semua langkah sudah saya lakukan gan. Tapi tidak berhasil. Mohon sarannya.

    ReplyDelete
  62. makasih gann alhamdulilah work

    ReplyDelete
  63. makasih gam work 100% haha hampir stres mikirin caranya ,,, alhamdulilahhh

    ReplyDelete
  64. bener2 mantap gan ini baru ane coba langsung berhasil

    ReplyDelete
  65. ada file hosts yang masih sehat gak? bagi dong :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Download dimari gan
      http://www19.zippyshare.com/v/5295546/file.html

      Delete
  66. udah 9 bulan kayak gitu gak sembuh2 nih googlenya -__-

    ReplyDelete
  67. Makasih gan udah bisa. Tapi kok pas di play store tidak ada sambungan?

    ReplyDelete
  68. misi om...
    cara copy folder host yang om kasih ke android saya gimana caranya?

    ReplyDelete
  69. misi om...
    cara copy folder host yang om kasih ke android saya gimana caranya?

    ReplyDelete
  70. berarti harus d root dulu hpnya??

    ReplyDelete
  71. alhamdulillah bisa mas.....makasih banget......

    ReplyDelete
  72. tapi kok lemot yak

    ReplyDelete
  73. udah lancar bos mantap deh........

    ReplyDelete
  74. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  75. thanks gan...
    work..... thank banget

    ReplyDelete
  76. Apakah ada cara selain di Root Mas ?

    ReplyDelete
  77. HH saya Samsung Galaxy Tab 3 Lite SM-T111 tidak bisa daftar akun google play store .. mohon di bantu ya , terimakasih

    ReplyDelete
  78. Work gan step 1. Thanks :D

    ReplyDelete
  79. Misi mas mohon pencerahan nya masalah saya sama sperti yg mas sudah jelaskan di atas tapi salah nya saya root nya sudah saya lepas jadi cara pertama tidak bisa mas ...
    Mohon pencerahan nya mas atau kasih saya aplikasi root tanpa pc hp saya advan s5e ...
    Makasih mas

    ReplyDelete
  80. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  81. Maaf Gan.
    Ane dah coba smua cara di comment dan tips yang agan buat. tapi hasilnya ZONK.
    Udah ane Flash sendiri tapi tetep aje ngga bisa.
    Mohon pencerahannya Gan. Ane tunggu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara-caranya kalo anda mau baca sebenarnya sudah ada di dalam tiap komentar tp akan saya tulis lagi
      1. Hh harus sudah di Root
      2. Cari file host, jika sudah ketemu hapus file tersebut
      3. Jika anda menginstall aplikasi freedom, buka aplikasi tersebut lalu buka menunya dan klik stop
      4. Di management aplikasi cari aplikasi freedom, klik app tersebut dan klik menu paksa berhenti lalu klik hapus instalan app
      Selesai
      Restart hh
      Semoga membantu dan terima kasih sudah berkunjung

      Delete
  82. Makasih gan atas pencerahannya.

    ReplyDelete
  83. Thanks 100% work bang :D

    ReplyDelete
  84. hp q gini kasusnya... karna bingung hpnya aq masukin iccu ,,,, nginep dah di ponsel

    ReplyDelete
  85. Kalo mengatasi system ui berhenti gmn bang adytia ?

    ReplyDelete
  86. Gan pas ane hapus hostsnya malah google play storenya has stopped working trs gara" freedom skrg wifi ane abu2 gk biru lagi

    ReplyDelete
  87. Gan kok folder hosts nya gabisa di hapus atau rename yaM

    ReplyDelete
  88. mas.. host saya tidak bisa dihapus.. solusinya gimana nih..?

    ReplyDelete
  89. makasihh sukses gan

    ReplyDelete
  90. Makasi om,cara yg no 1 berhasil 100%

    ReplyDelete
  91. trims gan sukses besar :v

    ReplyDelete
  92. kalau galxy s5 bisa dengan cara yang sama?

    ReplyDelete
  93. Iya gara2 aplikasi freedom nih..
    Setelah coba cara diatas..
    100% WORK! Thanks gan!! :)

    ReplyDelete
  94. tq langkah pertama
    walaupun ini thred copas pnya orang :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anda menuduh saya copas artikel orang lain, ada bukti otentik kalo ada berikan saya linknya (jangan asal nuduh kalo tidak ada bukti). Keaslian sebuah artikel hanya google yg tau masalah tanggal penerbitan bisa diubah-ubah sesuka hati

      Delete
  95. Bisa mnta lebih jelasnya kgg. Sedikit gaptek....hal" gtuan

    ReplyDelete
  96. thanks sob work 100%

    ReplyDelete
  97. ALLHAMDULILLAH akhir nya berhasil sudah 4 minggu saya gak bisa buka playstore
    makasih gan

    ReplyDelete
  98. Akhirnya bisa google nya :3 tq gan...

    @lucky aris : Yang ada juga org lain yg copas dari blog ini :)
    Jangan asal nuduh :)

    ReplyDelete
  99. Anonymous23/12/14

    Makasih gan. ane udah bisa login Gmail

    ReplyDelete
  100. Alhamdulillah berhasil gan pake cara yg pertama,,skrg ane udah bisa login lagi setelah dari tadi kebingungan ngotak atik ne hp knp ga bisa login. Makasih banyak ya atas infonya,,info ini sangat2 membantu ane yg dari tadi udah kebingungan ga bisa login google. Thx broo... :)

    ReplyDelete
  101. RE sya kok gk bsa kebuka itu gmn gan ,klok dibuka trus nutup sendiri dan ad tulisan SAYANGYA ROOT EXPLORER TELAH BERHENTI
    tlng solusinya gan,thanks.,

    ReplyDelete
  102. Alhamdulillah Ya Allah.. ;)

    Thank you so much for Aditya Blog's.. \=D/ =D (y)

    Tapii gan kalo, file hostsnya di Hapuus, nanti gmana tuuh, bakal ada pengaruhnya gak..??

    ReplyDelete
  103. Om ko fliehost nya gk bsa di hapus / rename ?

    ReplyDelete
  104. Alhamdulillah Gan berhasil. Baru baca . Mksih bnyk Gan,berguna bgt nih blog nya.

    ReplyDelete
  105. sempat bingung juga nih masalh di atas sama persis,tp terima kasih banyak min sekarang udah bisa login Gmail lagi & playstore normal kembali ..100% work.
    salAm,semoga sukses slu ,min.

    ReplyDelete
  106. Thanks Gan.... sangat membantu siippp

    ReplyDelete
  107. Sory nih gan saya udah nyari file host saya tapi gak ketemu temu, di file manager gak ada system ataupun file host. HH saya lenovo A369i dan sudah di root, aplikasi freedomnya juga sudah dihapus.. Tolong petunjuknya gan makasih :)

    ReplyDelete
  108. Gan bukan file manger tapi file root explorer

    ReplyDelete
  109. Mas google play services saya tidak kompatibel dengan aplikasi lain yang menggunakan ID serupa bersma. Gimana cara mengatasinya mas. Punya saya tab advan T5A. Mohon mas bantuannya.

    ReplyDelete
  110. Mas google play services saya tidak kompatibel dengan aplikasi lain yang menggunakan ID serupa bersma. Gimana cara mengatasinya mas. Punya saya tab advan T5A. Mohon mas bantuannya.

    ReplyDelete
  111. mas galaxy young ada gak ,tapi bukan duos

    ReplyDelete
  112. kalo android ku ice cream sanwich .....pertanyaanya? setiap kali download aplikasi layanan google play selalu tidak terpasang itu kenapa ya....kalo aplikasi lainya bisa....itu kenapa yaa?

    ReplyDelete
  113. kalo android ku ice cream sanwich .....pertanyaanya? setiap kali download aplikasi layanan google play selalu tidak terpasang itu kenapa ya....kalo aplikasi lainya bisa....itu kenapa yaa?

    ReplyDelete
  114. Terima kasih gan coba cara yang kesatu langsung work!! :D thanks gan

    ReplyDelete
  115. bang, thanks ya, android ku sudah mau masuk...
    td android ku pas banget kena situasi begitu, cuman sekarang tinggal Google play store nya aja lagi Bang yang blom mau? yg bisa work play stor versi brapa yo bang? buat android tap 3 root

    ReplyDelete
  116. Anonymous22/2/15

    Gan tolong saya gan itu hosts nya ko ga bisa di hapus hh masih ke adaan root

    ReplyDelete