Tips agar blog terindex search engine

Sebuah tutorial tentang blog yg terbilang sudah umum dan banyak yang tahu tapi tidak ada salahnya untuk di publikasikan supaya banyak yang tahu terutama para blogger-blogger yang baru terjun di dunia per-blog-an, jadi tutorial semacam ini tidak akan pernah ada matinya. Oke sekarang bagaimana caranya supaya agar sebuah blog bisa terindex oleh mesin pencari/search engine? tentunya kita harus mendaftarkannya dulu, jawaban yang realistis. karena mesin pencari tidak akan langsung meng-index blog atau website kita kalau kita tidak mendaftarkan blog kita pada mesin-mesin pencari tersebut.
Biar tidak terlalu berlama-lama dalam memberikan penjelasan jadi langsung aja ke pokok masalahnya dan supaya blog atau website sobat bisa dilacak oleh mesin pencari silahkan sobat daftarkan blog sobat pada mesin-mesin pencari berikut ini:

Google

Untuk mendaftarkan blog/website sobat pada mesin pencari google silahkan sobat klik url berikut:

http://www.google.com/addurl

Jika sudah berada pada halaman url tersebut, langkah selanjutnya isi kotak yang di sediakan:

Url ==> isi dengan Url blog sobat misal: http://bl1t4r.blogspot.com.

Comments ==> isi dengan keyword atau kata kunci yang berhubungan dengan blog sobat misal kata kunci blog saya ini: blog tutorial, mp3 lirik, free mp3 download, dll.

Isi kotak kosong yang di sediakan dengan huruf verifikasi kata yang tersedia di atasnya, ingat! Harus sama.

Lalu klik tombol dibawahnya yang bertuliskan Add Url.
 

selesai.

Proses google dalam meng-index blog sobat memerlukan waktu paling lama kurang lebih 3-4 minggu jadi sobat harus bersabar. Kalau sudah berjalan 3-4 minggu coba sobat masukkan url sobat dan lihat apakah sudah ter-index apa belum, jika belum ulangi lagi langkah di atas sampai blog sobat benar-benar ter-index.


Yahoo
Untuk mendaftar di mesin pencari yahoo klik url berikut:

http://www.bing.com/webmaster/SubmitSitePage.aspx


MSN
Klik url berikut untuk mendaftar pada MSN:

http://search.msn.com/docs/submit.aspx?FORM=WSDD2

Jika sobat pengen blog/website sobat ter-index pada puluhan mesin pencari silahkan klik url berikut:

http://freewebsubmission.com


Dan jika blog sobat ingin cepat terkenal silahkan klik url berikut:

http://pingomatic.com
Selesai.

37 Responses to "Tips agar blog terindex search engine"

  1. Mampirr, slm knal yaaa... please follow me & aq jga akan follow u, tq... Tar aq psg link u di Friends' Links aq... tq

    ReplyDelete
  2. thank's Gan atas infonya, :D

    ReplyDelete
  3. thank's ya info nya tetapi ketika saya lihat di pembaharuan blog saya ada tulisan feed tidak di temukan coba periksa url yang benar,gimana nich tlg saya donk!...

    ReplyDelete
  4. langkah-langkah di atas sdh saya lakukan mas,tetapi saya memang blm mengikuti satu blog,gmn cara nya maklum saya baru belajar blog.
    postingan saya sudah ada coba mas lihat di url saya
    http://adek-rafifwidyadhana.blogspot.com
    http://adek-adek-rafifwidyadhana.blogspot.com
    http://adek-adek-adek-rafifwidyadhana.blogspot.com
    saya mau tanya nih mas "apakah setiap membuat postingan baru url nya harus di buat lagi,thank ya mas info nya!..

    ReplyDelete
  5. Untuk mengikuti sebuah blog Adek tinggal klik menu Follow atau Pengikut contohnya seperti pada blog saya ini di bagian tengah bawah yang ada foto-fotonya itu.
    Untuk membuat postingan tidak perlu membuat url karena urlnya akan otomatis terbentuk dengan sendirinya kecuali untuk membuat sebuah link dan sebaiknya Adek fokus pada satu blog dulu untuk belajar sampai benar-benar menguasai karena jika mempunyai banyak akan sulit. Mudah-mudahan bisa di mengerti

    ReplyDelete
  6. thank's mas info nya blog saya sudah terindeks dan sudah diterbitkan

    ReplyDelete
  7. mas saya bingung nih,, saya dah coba berkali kali ber minggu minggu tapi tetep aja ga ke deteck di mesinnya si google itu...

    nih blog saya : www.eldar-uth.blogspot.com

    kalo mas mau berbaik hati bantuin ane yakk ^^

    thanks....

    maen juga ke blog ane ya gan.......

    ReplyDelete
  8. Maksie infony.... da tips ga biar blog kita cpt keindex....

    ReplyDelete
  9. Perbanyak tukar link, sering posting, pasang iklan di situs iklan baris gratisan maupun berbayar dan sering berkunjung ke blog milik orang lain dijamin tokcer kawan

    ReplyDelete
  10. top infonya gan..., thank u. kalau ada para master2 yg punya pembahasa tentang BLOG bagi2 dong soalnye ane baru belajar ngeblog nich... thnk before. :D

    ReplyDelete
  11. owh... mksie mas tipsny... brmnfaat bgt...

    ReplyDelete
  12. Salam kenal ya.., Kalau cuma judul posting yang ter index dan isinya tidak ke index, gimana solusinya? Tolong sharenya sobat, innah baru belajar

    ReplyDelete
  13. Salam kenal ya.., kalau isi posting tidak ter index tapi judul posting ter index, gimana caranya agar isi dan judul posting bisa bisa ter idex oleh google?

    ReplyDelete
  14. Innah @ Saya rasa itu tidak masalah yang terpenting blog anda sudah ter-index oleh Google. Masalah isi posting ter-index oleh Google setahu saya itu terjadi secara otomatis.

    ReplyDelete
  15. boleh dishare ya bro?
    kalau di izinkan ....

    ReplyDelete
  16. Raiyan@ Boleh aja kawan tapi jangan lupa link ke posting aslinya ya

    ReplyDelete
  17. Thank you mas atas info nya...
    jadi saya harus menunggu nih...?
    kira2 ada notifikasi nya gak kalau proses submit kita udah berhasil?

    ReplyDelete
  18. thnks yah berita nya ....

    ReplyDelete
  19. thx gan...
    artikelny membantu gan...

    ReplyDelete
  20. Terima kasih atas artikelnya..
    saya udah coba di google yahoo dan MSn tinggal yang lain belum.

    thanks and Mampir bos..

    ReplyDelete
  21. lagi-lagi terima kasih ya gan !
    mampir-mampir gan ke blog saya

    ReplyDelete
  22. Makasih mas atas infonya, sangat membantu. saya blogger baru, tolong dibantu ya mas. mampir-mampir ya mas ke blog saya.

    ReplyDelete
  23. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  24. trims,fasilitasnya,dan infonya.tinggal nunggu terindex aja nich mas.

    ReplyDelete
  25. makasih atas saran nya ... lsg ke tkp untuk di coba :D

    ReplyDelete
  26. Anonymous15/1/11

    tq info nya kak.,mmpir ke http://emoskin.tk/ yaw kak

    ReplyDelete
  27. aku sudah melakukan submit,,baik feeds, atom dll,pake webmastertool,,kok gk terindkes juga ya..tapi kalo dari yahoo, sudah,,terus meta tag nya juga sudah..maaf banyak nanya,,,maklum newbie di blog,,,makasih sebelumnya..salam

    ReplyDelete
  28. Rakyat Metal@ Sepertinya blog anda jumlah postingannya masih kurang tuh mas coba ditambah dulu tiap hari minimal 60 posting baru daftarkan lagi. Semakin anda sering posting semakin cepat blog anda terindex.
    Mudah2an berhasil

    ReplyDelete
  29. tks infonya bos, salam kenal aja

    ReplyDelete
  30. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  31. mana posting barunya?

    ReplyDelete

PERHATIAN !...
*. Baca dulu artikel dan komentar yang ada sebelum Anda menulis komentar
*. Harap berkomentar dengan bijak dan sopan
*. Jika mengajukan pertanyaan, beri centang pada kotak disamping tulisan "Beri tahu saya" untuk mendapatkan jawaban melalui email
*. Dilarang menyertakan "LINK HIDUP", "IKLAN" "SPAM" dalam komentar karena akan dihapus atau dimasukkan ke dalam Comment Spam