Cara membuat text area

Text area merupakan kotak untuk menyimpan tulisan atau code HTML untuk memudahkan pengunjung untuk meng-copy tulisan yang ada di dalam kotak. Untuk membuat text area tidak memerlukan code yang banyak dan hanya sedikit kode yang diperlukan untuk membuatnya.
Text area dibagi menjadi 2 macam yaitu text area biasa dan yang kedua adalah text area menggunakan hightlight.
Untuk membuat text area silahkan anda copy code di bawah ini:

<p align="center"><textarea name="code" rows="5" cols="30">
Letakkan tulisan atau code HTML sobat disini. Ini adalah tulisan yang akan muncul dalam kotak
</textarea></p>

Contoh jadi:

Keterangan:
rows="5", tinggi dari text area, jika sobat ingin lebih tinggi ganti angka "5" dengan angka yang lebih besar.
Cols="20", lebar dari text area, jika sobat ingin lebih lebar ganti angka "20" dengan yang lebih besar.

Text Area Dengan Highlight
Text area ini menggunakan tombol highlight. yang memudahkan pengunjung meng-copy isi dari text area tanpa ada sedikitpun tulisan maupun code html yang akan tertinggal, karena dengan klik tombol sekali seluruh text maupun code html yang ada didalamnya akan di blok dan pengunjung tinggal meng-copy saja.
Untuk membuat text area dengan highlight ini silahkan anda copy code berikut ini:

<div><form name="copy"><div align="center"><input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.select();" type="button" value="Highlight All"></div><div align="center"></div><p align="center"><textarea style="WIDTH: 300px; HEIGHT: 140px" name="txt" rows="100" wrap="VIRTUAL" cols="50">
Letakkan tulisan atau code HTML anda disini.
</textarea></p></div></form>

Contoh jadi:


Code di atas ada dua bagian yaitu untuk membuat tombol "Highlight All", dan code untuk membuat "text area".

Bagian Tombol Highlight All:
<div align="center"> --> tulisan "center" menandakan posisi tombol berada di tengah, jika sobat ingin di sebelah kiri ganti dengan left dan jika ingin di sebelah kanan ganti dengan right.

<input onclick="javascript:this.form.txt.focus();this.form.txt.selec()"> --> code ini adalah perintah jika tombol di tekan maka seluruh tulisan maupun code akan ditandai jadi sebaiknya jangan otak-atik code ini.

Value="Highlight All" --> tulisan Highlight All adalah tulisan yang akan muncul pada dalam tombol. Tulisan ini bisa sobat ganti sesuai dengan keinginan.

Element Text Area:
<p align="center"> --> ini berarti text area akan berada di tengah. Jika ingin di sebelah kiri ganti dengan left dan sebaliknya jika ingin di sebelah kanan ganti dengan right.

<text style="WIDTH: 300px"> --> tulisan "WIDTH: 300px" adalah lebar dari text area sebesar 300 pixel, jika ingin lebih lebar atau sebaliknya ganti dengan angka yang lebih besar atau lebih kecil.

HEIGHT: 144px --> angka "140px" tinggi dari text area sebesar 140px, jika ingin lebih tinggi atau lebih rendah silahkan anda ganti angkanya.

Selesai

1 Response to "Cara membuat text area"

PERHATIAN !...
*. Baca dulu artikel dan komentar yang ada sebelum Anda menulis komentar
*. Harap berkomentar dengan bijak dan sopan
*. Jika mengajukan pertanyaan, beri centang pada kotak disamping tulisan "Beri tahu saya" untuk mendapatkan jawaban melalui email
*. Dilarang menyertakan "LINK HIDUP", "IKLAN" "SPAM" dalam komentar karena akan dihapus atau dimasukkan ke dalam Comment Spam