Tentang Windows Prefetch Folder

Di internet seringkali saya membaca sebuah tips maupun trik untuk mempercepat windows salah satu diantaranya adalah sebuah tips yang membahas tentang Windows Prefetch Folder yang harus selalu dikosongkan atau dihapus supaya kinerja windows lebih cepat.
Kalau menurut saya pribadi tips tersebut adalah salah kaprah!!! kenapa saya bilang begitu? simak alasannya di bawah ini:



Prefetch tidak sama dengan Cache, Folder prefetch berisi file-file .pf yang merupakan trace files. Trace files adalah catatan yang berisi kegiatan komputer maupun laptop saat booting dan me-load file-file yang dibutuhkan serta bagian dari file mana yang harus di load atau di simpan ke memory, file yang dibutuhkan sebuah software akan tetapi tidak dibutuhkan oleh software yang sedang berjalan tidak akan di-load atau di simpan di memory.
Prefetch folder mampu menyimpan maksimal sebanyak kurang lebih 128 file yang mempunyai extensi .pf dan Windows akan menghapus file yang sudah lama dan tidak dibutuhkan.

Fungsi atau kegunaan utama dari file Prefetch adalah supaya saat anda membuka sebuah software menjadi lebih lebih cepat karena Windows memerlukan ijin lagi kepada sistem supaya program bisa berjalan.
Pembuat Windows Microsoft Corp membuat Folder Prefetch bukan sebagai pajangan akan tetapi mempunyai fungsi tertentu yaitu meningkatkan kinerja pada saat booting dan starting sebuah software.

Intinya menghapus file-file ber-ekstensi .pf dalam folder prefetch justru akan memperlambat kinerja windows dan sebisa mungkin hindari kebiasaan mengosongkan folder prefetch ini.
Windows membutuhkan waktu yang lumayan lama untuk mengumpulkan semua informasi yang disimpan dalam folder prefetch ini supaya bisa berjalan dengan lebih cepat.

Mudah-mudahan dengan saya menulis artikel ini bisa membuang mitos tentang Prefetch.



Materi referensi: http://blog.komputerbutut.com/komputer/apa-sih-prefetch-folder-itu.php

0 Response to "Tentang Windows Prefetch Folder"

Post a Comment

PERHATIAN !...
*. Baca dulu artikel dan komentar yang ada sebelum Anda menulis komentar
*. Harap berkomentar dengan bijak dan sopan
*. Jika mengajukan pertanyaan, beri centang pada kotak disamping tulisan "Beri tahu saya" untuk mendapatkan jawaban melalui email
*. Dilarang menyertakan "LINK HIDUP", "IKLAN" "SPAM" dalam komentar karena akan dihapus atau dimasukkan ke dalam Comment Spam