Manfaat minyak kelapa

minyak kelapa
Buah kelapa umumnya dalam kehidupan sehari-hari digunakan sebagai bumbu masakan maupun digunakan sebagai minyak goreng setelah diolah. Sebenarnya jika kita mengetahui, buah kelapa mempunyai manfaat yang banyak bagi manusia diantaranya:

1. Sebagai Perawatan Rambut Minyak kelapa merupakan salah satu nutrisi alami terbaik
untuk rambut yang membantu pertumbuhan dan kesehatan rambut termasuk mengusir kutu dan ketombe serta membantu menjaga kelembaban kulit kepala.
Kandungan protein yang terdapat dalam minyak kelapa sangat baik digunakan untuk memperbaiki kerusakan rambut sehingga minyak kelapa banyak digunakan sebagai bahan dasar dalam perawatan rambut seperti kondisioner, krim anti ketombe dan lain-lain.

2. Sebagai obat Stres
Minyak kelapa bisa digunakan sebagai alat terapi dalam mengurangi bahkan menyembuhkan stres.
Dengan mengoleskan sedikit minyak kelapa di bagian kepala disertai pijatan lembut sangat membantu menghilangkan kelelahan mental.

3. Sebagai Perawatan Kulit
Minyak kelapa bisa juga digunakan sebagai minyak urut dan pijat yang baik untuk kulit karena merupakan minyak kelapa juga berfungsi sebagai pelembab yang cocok untuk semua jenis kulit dan tidak mempunyai efek samping seperti kebanyakan minyak mineral yang dijual di pasaran.
Minyak kelapa juga bermanfaat untuk mencegah kekeringan dan pengelupasan kulit dan mencegah penuaan dini. Selain itu minyak kelapa juga membantu dalam mengobati berbagai masalah kulit termasuk masalah kulit seperti gatal-gatal dan lain sebagainya.

4. Memperlambat Penuaan dini
Minyak kelapa membantu dalam mencegah penuaan dini dan penyakit degeneratif karena sifat antioksidan.

5. Manfaat Untuk Penyakit Jantung
Selama ini minyak kelapa dianggap tidak baik bagi para penderita penyakit jantung karena
mengandung lemak jenuh padahal sebaliknya minyak kelapa
bermanfaat bagi jantung karena mengandung asam laurat kurang lebih sekitar 50% yang bisa membantu dalam mencegah berbagai masalah jantung termasuk tingkat kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.
Lemak jenuh yang terdapat dalam minyak kelapa tidak membahayakan seperti yang terdapat dalam minyak sayuran.

6. Mengurangi Berat Badan
Minyak kelapa juga berguna dalam mengurangi berat badan karena mengandung asam lemak ringan yang membantu mengurangi berat badan yang berlebihan.

7. Pankreatitis
Minyak kelapa juga diyakini berguna dalam mengobati penyakit pankreatitis.

8. Pencernaan
Minyak kelapa membantu dalam meningkatkan sistem pencernaan sehingga mencegah perut dari berbagai masalah pencernaan.
Minyak kelapa juga membantu dalam penyerapan nutrisi lain seperti vitamin, mineral dan asam amino.

9. Kekebalan
Untuk sistem kekebalan tubuh minyak kelapa bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh
karena mengandung lipid
antimikroba, asam laurat, asam kaprat dan asam kaprilat yang memiliki sifat antijamur, antibakteri dan antivirus.
Tubuh manusia mengubah
asam laurat menjadi monolaurin yang membantu dalam mencegah virus dan bakteri merugikan dalam tubuh.

10. Penyembuhan
Minyak kelapa membantu dalam mempercepat proses penyembuhan dengan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak.

11. Infeksi
minyak kelapa sangat efektif melawan berbagai infeksi karena memiliki sifat antijamur, antivirus, dan antibakteri. Menurut Pusat Penelitian, minyak kelapa membunuh virus yang menyebabkan influenza, campak,
hepatitis, herpes, SARS, dan lain-lain.
Minyak kelapa juga membunuh bakteri yang menyebabkan bisul, infeksi tenggorokan, infeksi saluran kemih, pneumonia, dan gonore, dan lain-lain.

12. Hati
Kandungan trigliserida rantai menengah dan asam lemak yang terdapat dalam minyak kelapa membantu dalam mencegah penyakit-penyakit hati.

13. Ginjal
Minyak kelapa membantu dalam mencegah penyakit ginjal dan kandung empedu. Minyak kelapa juga membantu dalam melarutkan batu ginjal.

14. Diabetes
Minyak kelapa membantu dalam mengendalikan gula darah dan meningkatkan sekresi insulin yang membantu dalam pemanfaatan glukosa darah sehingga mencegah dan mengobati diabetes.

15. Tulang
Minyak kelapa membantu kemampuan tubuh kita untuk menyerap mineral penting seperti kalsium dan magnesium yang diperlukan untuk perkembangan tulang sehingga berguna bagi perempuan yang rentan dalam membantu pencegahan osteoporosis.

16. Perawatan Gigi
Minyak kelapa memfasilitasi penyerapan kalsium oleh tubuh sehingga membantu dalam menguatkan gigi dan mencegah kerusakan gigi.

17. HIV dan Kanker
Minyak kelapa juga diyakini memainkan peran penting dalam mengurangi kerentanan virus dari pasien HIV dan kanker.

Itulah beberapa manfaat yang terdapat dalam minyak kelapa yang saya kumpulkan dari berbagai sumber salah satunya yang utama dari situs http://www.sarjanaku.com/2011/07/manfaat-minyak-kelapa-dan-khasiatnya.html

2 Responses to "Manfaat minyak kelapa"

  1. hanya penganut hindu saja yang menikmati manfaatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya tidak hanya orang Hindu saja yang menikmati manfaat minyak kelapa tapi jika kita rajin mengkonsumsinya manfaat akan dapat kita rasakan

      Delete

PERHATIAN !...
*. Baca dulu artikel dan komentar yang ada sebelum Anda menulis komentar
*. Harap berkomentar dengan bijak dan sopan
*. Jika mengajukan pertanyaan, beri centang pada kotak disamping tulisan "Beri tahu saya" untuk mendapatkan jawaban melalui email
*. Dilarang menyertakan "LINK HIDUP", "IKLAN" "SPAM" dalam komentar karena akan dihapus atau dimasukkan ke dalam Comment Spam