Perbedaan Odex Dan Deodex Pada Android

Odex Dan Deodex
Pertama kali mengenal Android Saya sempat bingung karena ada aplikasi yang mempunyai embel-embel ODEX Dan DEODEX, tapi seiring berjalannya waktu akhirnya kebingungan tersebut hilang dengan sendirinya. Mungkin tidak cuma Saya yang merasa aneh dengan kata-kata tersebut dan yang jelas mereka yang baru mengenal Android juga pasti merasakan keanehan ini.

Sedikit penjelasan buat para pemula dari apa yang saya tahu dan sedikit saya pelajari dari Android tentang istilah odex dan deodex, diantara banyaknya aplikasi android yang bertebaran di internet kebanyakan memiliki file .odex yang berfungsi untuk meminimalisir data.
Didalam .odex telah ditanamkan program yang berupa kode-kode tertentu untuk mempercepat proses booting.

Aplikasi pada android telah di paket dan mempunyai extensi .apk mempunyai file odex yang digunakan untuk meminimalisir tempat penyimpanan sehingga proses loading aplikasi menjadi cepat.
Dengan adanya odex aplikasi yang mempunyai extensi .apk akan sedikit sulit untuk dibajak (hack) karena bagian dari aplikasi tersebut di letakkan pada tempat yang berbeda sebelum ada perintah untuk menjalankannya.

.odex merupakan file .dex yang di optimalisasi untuk dijalankan pada firmware tertentu.

Deodex adalah merupakan proses yang digunakan untuk merubah file .dex yang sudah diubah menjadi .odex menjadi file yang mempunyai extensi .dex, Proses ini adalah sebuah proses untuk menyusun lagi aplikasi dengan extensi .apk. Deodex bertujuan agar sebuah apk mudah untuk di edit.

Kelebihan Deodex:
Dengan adanya deodex proses modifikasi ROM untuk memudahkan para modifikator dalam membuat sebuah themes

Kekurangan Deodex:
Proses booting menjadi lebih lama

Untuk mengetahui Android odex atau deodex:
Masuk ke menu /system/app/menggunakan aplikasi explore seperti  Root Exploler, X-plore, File Explorer dan lain-lain, jika didalamnya terdapat tulisan Odex berarti Android tersebut belum Deodex.

Ref: http://www.android-indonesia.com/game-apps/aplikasi/item/840-perbedaan-odex-dan-deodex

5 Responses to "Perbedaan Odex Dan Deodex Pada Android"

  1. Anonymous8/4/14

    saya jadi lebih tau tentang Odex dan Deodex :D.

    jangan lupa kunjungan baliknya :D..

    ReplyDelete
  2. Malahan saya baru pertama kali ini mendengar odex dan deodex :D

    ReplyDelete
  3. Oh bedanya ini, saya udah lumayan lama dengar (pas pertama mau nyari Cus ROM buat HP saya) cuma gak begitu paham apa bedanya...

    Oh iya, sekalian blog walking ya, ditunggu kunjungan baliknya...

    ReplyDelete
  4. BTW, saya habis kirim e-mail ke e-mail Yahoo mas, harap di cek dan secepatnya dibalas...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah saya balas sob silahkan buka dan balas secepatnya

      Delete

PERHATIAN !...
*. Baca dulu artikel dan komentar yang ada sebelum Anda menulis komentar
*. Harap berkomentar dengan bijak dan sopan
*. Jika mengajukan pertanyaan, beri centang pada kotak disamping tulisan "Beri tahu saya" untuk mendapatkan jawaban melalui email
*. Dilarang menyertakan "LINK HIDUP", "IKLAN" "SPAM" dalam komentar karena akan dihapus atau dimasukkan ke dalam Comment Spam