Membuat tampilan blog menjadi mobile friendly

Membuat tampilan blog menjadi mobile friendly ternyata gampang-gampang susah seperti yang telah saya alami, gara-gara template ganti dengan yang baru dan melakukan edit disana dan disini malah menjadikan kepala pusing, masalah satu selesai datang masalah yang lain termasuk tampilan blog saya jika dilihat dari ponsel dengan memakai browser operamini maka blog saya tidak bisa di zoom in maupun di zoom out akan tetapi jika dilihat dari browser pc tampilannya normal-normal saja.
Akhirnya dengan susah payah sayapun mencoba melihat-lihat kumpulan template yang saya simpan dan mencobanya satu persatu sambil mengamati kode yang ada dan akhirnya saya menemukan kode untuk membuat tampilan blog menjadi mobile friendly sehingga sekarang blog saya jika dilihat dari browser ponsel yang memakai operamini sudah bisa di zoom in maupun di zoom out.
Adapun kode template untuk membuat tampilan blog menjadi mobile friendly dan pemasangannya yang telah saya lakukan adalah sebagai berikut: Cari kode seperti dibawah ini, letaknya kurang lebih dibawah kode (gunakan CTRL+F untuk memudahkan pencarian)
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
Jika sudah ketemu silahkan copy kode dibawah ini dan paste tepat dibawah kode diatas
<meta content='IE=EmulateIE7' http-equiv='X-UA-Compatible'/>
<b:if cond='data:blog.isMobile'>
<meta content='width=device-width, initial-scale=1.0, user-scalable=0' name='viewport'/>
<b:else/>
<meta content='width=1100' name='viewport'/>
Selesai, simpan template dan lihat hasilnya menggunakan ponsel dengan browser operamini.

3 Responses to "Membuat tampilan blog menjadi mobile friendly"

  1. Kalau sudah mobile friendly, perform nya pun jadi lebih flexible ke browser opera mini u/ hp ya. Nice trick sob.. :)

    ReplyDelete
  2. Anonymous25/12/12

    ini trik yang bagus nih apalagi skrg mobilitas sangat berpengaruh

    ReplyDelete
  3. wah bagus triknyaaa,, saya coba inii,, karena saya sering buka blog saya di HP..

    ReplyDelete

PERHATIAN !...
*. Baca dulu artikel dan komentar yang ada sebelum Anda menulis komentar
*. Harap berkomentar dengan bijak dan sopan
*. Jika mengajukan pertanyaan, beri centang pada kotak disamping tulisan "Beri tahu saya" untuk mendapatkan jawaban melalui email
*. Dilarang menyertakan "LINK HIDUP", "IKLAN" "SPAM" dalam komentar karena akan dihapus atau dimasukkan ke dalam Comment Spam