Penipuan Online Semakin Marak

Beberapa hari ini disela kesibukan, saya menyempatkan diri memantau memantau beberapa group jual beli online di Facebook dan alangkah terkejutnya saya karena disana banyak sekali orang yang mengeluh karena kasus penipuan dan susahnya lagi mereka juga bingung mau melapor kemana karena tidak cukupnya bukti untuk itu semua.
Para pelaku penipuan tidak hanya dari kalangan orang dewasa saja bahkan saya juga menemukan ada beberapa user yang notabene masih seorang pelajar SMU juga berusaha melakukan tindak penipuan, entah karena iseng mencoba-coba atau memang karena sudah ada niat.
Dari beberapa kasus tindak kriminal yang saya temukan, modusnya rata-rata sama yaitu dengan menjual Handphone rusak namun dikatakan masih bagus dan setelah terjadi transaksi jual beli maka sang pelaku dengan cepat memblokir akun facebook dari sang pembeli untuk menghilangkan jejaknya, tapi meskipun begitu ada juga pelaku yang ketemu setelah dicari melalui info dari teman-teman facebooknya dan ujung-ujungnya dipukuli oleh sang pembeli yang merasa tertipu.

Sedikit tips untuk menghindari tindak penipuan jual beli online
1. Usahakan bertemu langsung dengan si penjual
2. Usahakan transaksi jual beli dilakukan di rumah si penjual
3. Jika terpaksa jajnjian di tempat tertentu, tanyakan alamat si penjual dan kalau bisa lihat juga KTP-nya untuk memastikan kebenaran alamat si penjual
4. Jangan mudah untuk mentransfer uang kepada si penjual kalau si penjual tidak Anda kenal.
5. Usahakan antara si penjual dan pembeli dalam satu wilayah yang sama sehingga jika terjadi tindak penipuan kita akan mudah untuk mencari pelaku

Sedikit tips diatas mungkin bisa menjadi acuan kita semua dalam melakukan transaksi jual beli online di facebook dan barangkali ada yang mau menambahkan tips di atas silahkan tulis dalam kolom komentar.
Partisipasi Anda akan sangat membantu dan menekan serta meminimalisir tindak penipuan online yang semakin hari semakin marak.

Semoga bermanfaat.

5 Responses to "Penipuan Online Semakin Marak"

  1. makasih tipsnya mas,dapat dijadikan bahan referensi nih.makasih juga udah ngingetin tentang bahaya penipuan ini

    ReplyDelete
  2. Memang banyak juga yang melakukan penipuan dalam jual beli online :(

    ReplyDelete
  3. penipuan semakin banyak ragamnya dan semakin licin proses penipuannya ya mas.. :)

    ReplyDelete
  4. wah kalau google adsense itu mash terpercaya gak gan?

    ReplyDelete
  5. ya betul gan, akhir-akhir ini sering terjadi kasus penipuan jual beli online. yg seharusnya lebih bijak lagi tuh ya si pembeli, sbelum membeli cek dulu identitas si penjual apakah mencurigakan atau tidak. untuk lebih amannya mending beli barang di to**p*d*a, bl*bl*, dll. ane udah coba beli barang disitu aman2 aja kok :)

    ReplyDelete

PERHATIAN !...
*. Baca dulu artikel dan komentar yang ada sebelum Anda menulis komentar
*. Harap berkomentar dengan bijak dan sopan
*. Jika mengajukan pertanyaan, beri centang pada kotak disamping tulisan "Beri tahu saya" untuk mendapatkan jawaban melalui email
*. Dilarang menyertakan "LINK HIDUP", "IKLAN" "SPAM" dalam komentar karena akan dihapus atau dimasukkan ke dalam Comment Spam