Cara Mengaktifkan Koneksi Internet GSM Di Smartfren Andromax

Cara Mengaktifkan Koneksi Internet GSM Di Smartfren Andromax - Smartfren Andromax merupakan sebuah paket gadget Android Bundling dari PT. Smartfren yang merupakan sebuah provider penyedia kartu CDMA yang sedang digandrungi oleh para penggemar Dunia Maya karena fasilitas koneksi internet yang cukup memuaskan dengan harga paket internetnya yang relatif murah.
Smartfren Andromax memiliki kelebihan yaitu pada jaringan dual GSM dan CDMA yang bisa diaktifkan secara bersamaan namun sayangnya untuk urusan koneksi internet gadget ini hanya mengandalkan koneksi dari kartu CDMA saja sedangkan yang GSM hanya bisa digunakan untuk SMS dan TELP saja.
Hal ini kadang dianggap tidak penting oleh sebagian orang padahal untuk urusan sambungan internet baik yang GSM maupun CDMA sangat diperlukan, salah satunya adalah untuk mengirim MMS.
Pada Smartfren Andromax kita hanya bisa mengirim dan menerima MMS dari kartu CDMA saja sedangkan GSM tidak memiliki kemampuan untuk melakukan itu karena tidak berfungsinya koneksi internet kartu GSM.

Untuk mengatasi masalah ini ada sedikit tips yang bisa dan patut dicoba untuk mengaktifkan koneksi internet kartu GSM pada gadget Smartfren Andromax dan untuk Cara Mengaktifkan Koneksi Internet GSM Di Smartfren Andromax adalah sebagai berikut:

Tahap Pertama
1. Download Aplikasi ANY CUT Disini
2. Install Aplikasi tersebut kedalam gadget Smartfren Andromax Anda
3. Cari Widget Any Cut pada bagian Widget

Any Cut 1

4. Tekan dan tarik kedalam Home Screen
5. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini

Any Cut 2

6. Lalu pilih Activity seperti yang saya lingkari berwarna merah pada gambar diatas
7. Di dalam menu Activity pilih lagi menu APN yang saya lingkari merah seperti pada gambar berikut (Pilih yang bawah karena ada 2 pilihan APN)

Any Cut 3

8. Jika muncul tampilan seperti gambar dibawah ini klik saja OK

Any Cut 4

Selesai

Tahap Kedua
1. Cari lagi Widget Any Cut pada bagian Widget

Any Cut 1

2. Tekan dan tarik kedalam Home Screen
3. Selanjutnya akan muncul tampilan seperti dibawah ini

Any Cut 2

4. Lalu pilih lagi Activity seperti yang saya lingkari berwarna merah pada gambar diatas
5. Di dalam menu Activity pilih lagi menu Pilih Pendaftaran yang saya lingkari merah seperti pada gambar berikut:

Any Cut 5

6. Jika muncul tampilan seperti gambar dibawah ini klik saja OK

Any Cut 6

Selesai

Tahap Ketiga
1. Setelah kedua langkah di atas sudah selesai maka pada Home Screen Smartfren Andromax Anda terdapat dua buah shortcut seperti gambar dibawah ini

Any Cut 7

2. Tekan pada widget Pilih Pendaftaran dengan icon Gagang Telepon, maka akan muncul gambar seperti dibawah ini

Any Cut 8

3. Hilangkan Centang disamping tulisan RUIM dan klik OK
4. Jika sudah maka jaringan kartu CDMA akan menghilang (Mati), ini sudah wajar karena untuk mengaktifkan koneksi internet GSM, jaringan CDMA harus mati dulu.
5. Selanjutnya aktifkan Jaringan data sampai koneksi internet GSM aktif (Koneksi Internet hanya sebatas jaringan EDGE tidak bisa HSDPA)
6. Jika sudah silahkan coba buka browser android Anda untuk mencobanya.

Untuk mengembalikan ke settingan semula caranya cukup mudah, tinggal beri tanda centang Disamping tulisan RUIM dan klik OK

Any Cut 8

Update:
Jika kesulitan dengan cara di atas silahkan download tools pada link dibawah ini yang khusus dibuat untuk Smartfren Andromax

Link 1 | Link 2

Selamat Mencoba!...

125 Responses to "Cara Mengaktifkan Koneksi Internet GSM Di Smartfren Andromax"

  1. wow saya baru tahu hal ini :D sepertinya saya harus banyak blajar andorid ya hehe :) eh iya followback ya mas

    ReplyDelete
  2. nie gk ada pilih pendaftaran nyaa ??
    gmna nie mass??
    tolong penjelasan nya yahh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cara ini memang sedikit ribet sob, biar lebih mudah silahkan download tools untuk andromax disini http://bl1t4r.blogspot.com/2014/01/tools-untuk-smartfren-andromax.html dan install. Buka tools tersebut dan pilih Switch Sim mudah kok penggunaannya. Silahkan dicoba dan jangan lupa like fanspagenya ya thanks

      Delete
    2. mungkin pilihan bahasa hp anda adalah bahasa inggris, coba cari "select subcriptions" pilih yang bawah ya....

      Delete
    3. gan.. apn saya ko cuma ada satu?

      Delete
  3. waah sob sangat membantu.. thank a lot.. sukses selalu....

    ReplyDelete
  4. apns kok cuma ada 1 solusi nya gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baca dan download aplikasinya disini sob http://bl1t4r.blogspot.com/2014/01/tools-untuk-smartfren-andromax.html

      Delete
  5. Mas adit...
    Koq kalo layar trtidur pesan dr whtsapp ato bbm gk bs masuk y???
    Jd datanya tuh gk aktf saat layar tidur.. hanya ketika hidup saja
    Jd jika layar terkunci saya jadi gak tau kalo ada pesan masuk
    Itu gmn solusinya??

    ReplyDelete
  6. ada efek samping nya ga????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Efek sampingnya kalo layar mati tidak ada notifikasi sms maupun yg lain

      Delete
    2. Ma'af mau tanya.. kenapa di Andromax yg saya pegang APN cuma satu tidak ada pilihan dan saya coba hasilnya gagal.

      Apa ada cara yg lain bila APN cuma satu pilihan..?

      Trima Kasih

      Delete
    3. Coba download dan install tools ini sob http://bl1t4r.blogspot.com/2014/01/tools-untuk-smartfren-andromax.html

      Delete
  7. gan d ane akses datanya koq ga jalan sih, padahal udah sesuai ama yg di atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba download dan install tools ini sob, buka link ini http://bl1t4r.blogspot.com/2014/01/tools-untuk-smartfren-andromax.html

      Delete
  8. Saya udh download andromax tools sinyal cdma udh ilang tpi tetep gak bisa juga

    ReplyDelete
  9. Gan gw kok ga bisa ya gan padahal kuota udah 400 MB tapi kok ga bisa di buat internetan ya gan ?

    ReplyDelete
  10. Ilham Taufiq, Aldyon Bondan @ emang gitu sob sulit nyambungnya karena cuma sinyal EDGE yang dipake bisa jalan tapi sering disconnect kalo koneksi gak tingkat dewa

    ReplyDelete
  11. Gan saya sudah coba tapi koneksinya langsung ganti otomatis pakai WIFI !
    gmn nih kok kgak bsa pakai koneksi GSMnya?
    Mohon bantuannya gan!
    Nomor kontak ane 085749155111
    Thanks

    ReplyDelete
  12. Trims gan...
    Semoga dpt membantu

    ReplyDelete
  13. Gan.. koqh di smartfren andromax c saya tidak bisa merubah jaringan ya.. padahal tutorial nya sudah saya ikuti.. tapi tidak bisa digunakan.. kenapa ya gan ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba download dan install tools ini sob, buka link ini http://bl1t4r.blogspot.com/2014/01/tools-untuk-smartfren-andromax.html

      Delete
  14. berhasil gan,, kalo di restart nih hp gmn ya efeknya? bisa bootloop gak..atau setingan kembli ke awal?

    ReplyDelete
  15. bos, kalo boleh tau alamat kamu di mana? qu mau minta tolong langsung aja, sbab dah ku coba beberapa xali ttp gak bisa,

    hm huda blitar

    ReplyDelete
    Replies
    1. Depan kantor Desa Plumbangan, Doko sob tapi aku tinggal di Mojokerto trus pulangnya gak tentu kadang 2 minggu kadang 1 bulan

      Delete
  16. Mau download any cut nya tpi malah kemna gtu(?) Kaya ke box.com

    ReplyDelete
  17. mas saya itu sudah bisa tapi gak bisa nge download bbm juga lemot gimana yah mas cara nya

    ReplyDelete
  18. Pnya sya udh buka any cut paz buka apnsnya cuman 1 donk..truz abiz dibuka muncul gtu kyk pengturan trus di buka mnculnya ini smrtfern dan smrtfrwn wep gmn tuuh

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba baca ini sob lalu download toolsnya

      http://bl1t4r.blogspot.com/2014/01/tools-untuk-smartfren-andromax.html

      Delete
  19. berhasil thx, tp ßßM™ G∂к̲̣̣̥ bisa jalan...😥

    ReplyDelete
    Replies
    1. koneksi GSM di andromax emang sulit nyambungnya sob

      Delete
  20. bro kok ane mau install ga bisa ya,di hp nya dicegah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Buka Pengaturan > Keamanan > Beri tanda centang pada tulisan "Sumber tidak dikenal"

      Delete
  21. Mass caranya gimana yaa membuka MMS dari kartu GSM ??
    Sebab saya pake hp andromax smartfreen mass
    Saya mendapatkan MMS darinkartu GSM tp gk bisa dibuka MMSv

    Caranya gima yaa tolong donk kasih tau

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pake tools yang ada disini http://bl1t4r.blogspot.com/2014/01/tools-untuk-smartfren-andromax.html

      Delete
  22. gan gimana nih, di dlam anycut APNnya cuman ada satu?? gimana nih gan solusinya
    sms ke 085767145580 tolong ya gan

    ReplyDelete
  23. makasih sob sangat usefull...berhasillllll

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama sob, selamat ya dan makasih sudah mampir

      Delete
  24. Mz saya mau download kok gabisa ?

    ReplyDelete
  25. Langsung d alihkan ke box gitu . Gapaham saya .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang penyimpanan filenya di BOX neng kalo gak dialihkan kesitu ya gak bisa download filenya dong

      Delete
  26. ijin share bro.... mudah-mudahan berkenan

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan sob, jangan lupa menyertakan link sumbernya ya

      Delete
  27. okkeee.. sipp mass brooo... trims...

    ReplyDelete
  28. tapi apns saya kok cuma satu yh?

    bagaimana solusinya?

    ReplyDelete
  29. Ko di andromax i2 gak bisa apns juga ada satu ? Tolong pencerahan mas penting

    ReplyDelete
  30. Moses
    dharmaayu clambing@
    Coba pake Tools ini sob

    http://bl1t4r.blogspot.com/2014/01/tools-untuk-smartfren-andromax.html

    ReplyDelete
  31. Sebenenarnya bisa tapi disetting smartfren cuman 2G lemot abis

    ReplyDelete
  32. Gan..,setelah install cwm recovery sukses..,koq keluar harap restart device untuk masuk ke recovery mode...,lgkh yg hrs di ambil gmn gan...,mohon pencerahannya. Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Restart aja gan kalo tetap masuk recovery mode lepas aja bateraynya & nyalakan seperti biasa

      Delete
    2. Ok...,thx gan buat pencerahannya

      Delete
  33. Saya pake anycut yg gambar jamur sama gambar rumah gk bisa mas ,hp saya andromax i2
    Saya juga udah coba pake andromax tools , radio switcher dll
    Tapi tetep gk bisa mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak support buat andromax I2 sob

      Delete
    2. Berati i2 gak bisa pake gsm dong?:(:(:(

      Delete
  34. Tank's Tas msukannya....Sangat membantu....

    ReplyDelete
  35. Tank's Tas msukannya....Sangat membantu....

    ReplyDelete
  36. Hp andromax i2 bisa gak?
    Bls plis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Andromax i2 saya belum pernah coba sob

      Delete
  37. Maaf gan mau tanya cara ngembalikan semula gmn ya. Sblmnya saya nginstal andromax tools trus stlh itu RUIM cdma off RUIM gsm on. Tapi setelah saya paketkan kok ttep g bsa connect y.. mohon bantuannya gan buat normalin lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tinggal kasih centang RUIM-nya trus klik ok, ada tuh di atas baca lagi deh tutornya

      Delete
  38. Bang sayq udah coba pake any cut sama andromax tool berhasil cuman jd lelet bang di pake ibternet nya . Fakkttor penyebab lelet nya itu knapa ? Mohon maaf minta bantuan dan saran nya banh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jaringan yang ditangkap cuma EDGE bukan HSDPA atau EVDO jadi efeknya ya lelet alias lola :D

      Delete
  39. Bang cara aktifin jaringan data GSM gimana? gua ga ada tanda E nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. HH-nya apa & udah ikutin cara diatas apa belum? kalo udah & tetap gak bisa coba pake tools ini

      http://bl1t4r.blogspot.com/2014/01/tools-untuk-smartfren-andromax.html

      Delete
  40. Kalo androma i2 sudah bisa gan

    ReplyDelete
  41. sdah centang RUIM saya gan, cuma tampilannya aja g seperti d atas. . trus RUIM CDMAnya ngeblur g bsa d CLICK, yg bsa cuma GSM aja.

    ReplyDelete
  42. wah mantap gan ane dah mencoba ny berhasil gan oia gan tpi klw di matikan hp nya kira2 pindah lgi g kejaringan semula

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara default kembali lagi ke settingan awal

      Delete
  43. Udah bisa d setting tpi ga bisa di pake buat bbm n internet....mohon bantuannya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam kasus ini ada yang berhasil dan tidak berhasil penyebabnya saya juga belum tahu, apa karena koneksinya yang super lelet (Jaringan EDGE) atau memang karena gadgetnya

      Delete
  44. Ia padahal sinyal edg nya sdh muncul....dan bbm nya sdah terkoneksi tapi ga bisa kirim n nerima jg...hp. saya smartfrend andromax c

    ReplyDelete
  45. Mas kenapa yah di hp android smartfren saya sinyalnya kadang ada kadang engga keseringannya ga konek kalo udah di diemin lama tuh gimana yah supaya sinyalnya stabil gitu ga putus nyambung :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa jadi di daerah Anda sinyal Smartfren lemah sob

      Delete
  46. kalo menerima pesan kenapa lama ya gan, ngirim juga lama (yang gsm)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Koneksi cuma EDGE sob makanya lama

      Delete
  47. knp kok apn gsm nya gak mau di pindah tiap aku pnidah ke gsma selalu balik ke cdma

    ReplyDelete
  48. tolong bntu di kirim ke email ya kbtln ak uda ada aplikasi andromax tools tp percuma soale untuk seting apn gsm tdk bisa sesalu ke CDMA THANK

    ReplyDelete
  49. Kok saya ganti kartu 3 Ga bisa aktif gan ,tpi pakai kartu Telokomsel bisa aktif gan ,mohon info dan saran nya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk kartu 3 saya belum pernah coba tapi untuk yang lain work

      Delete
  50. andromax gue i2... caranya berhasil gan.. tapi pas ane restasrt trus nyala lagi.. Hpnya bilang kartu RUIMnya tidak kedeteksi n disuruh matikan lagi gan :(.. mohon pencerahanya gan ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus dikembalikan settingannya secara manual sob, lihat lagi cara mengembalikannya pada tutorial diatas

      Delete
  51. bang kok ane di tahap keduanya gak ada pilihan "pilih Pendataran" ??? mohon pencerahan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pake ini sob http://bl1t4r.blogspot.com/2014/01/tools-untuk-smartfren-andromax.html

      Delete
  52. kan udah di mati.in CDMAnya,
    cara mengaktifkan koneksi internet GSMnya gimana ya?
    soalnya di pengaturan jaringan GSM nggak ada

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kan udah ada caranya di atas sob, coba deh baca dan ikuti lagi cara diatas

      Delete
  53. Saya udah coba ga bisa sih pdhal udah sesuai tutorialnya.
    Huruf G di samping sperti gambar di atas ko tidak muncul" ya ? Keslahannya di mana ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake Andromax apa ya?
      coba pake tools ini http://bl1t4r.blogspot.com/2014/01/tools-untuk-smartfren-andromax.html

      Delete
  54. ko punya saya cuma gambar G di sinyal nya dan tidak bisa buat browser

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba pake tools yang ada disini http://bl1t4r.blogspot.com/2014/01/tools-untuk-smartfren-andromax.html

      Delete
  55. Pertanyaan APNS cuma ada 1 gak ada yg jawab. berarti gak ngerti solusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barangkali sampean punya solusinya silahkan sharing disini

      Delete
  56. udah berhasil tp bbm.nya kok ndak mau jalan ya gan? yg tau caranya biar bbmnya jalan gmna gan? yg tau tlg coment dunk.. Mksh..

    #Salam Damai

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setting tanggal dan waktu ke otomatis sob

      Delete
  57. Broo
    Pake andromax tool sudah Gsm ok
    Bisa di pakai

    Setelah saya balikin ke Cdma
    Gsm gk ada sinyalll

    Mohon bantuannya..??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah settingan dibalikin coba restart gadgetnya kalo dengan cara tersebut belum berhasil coba uninstall aplikasi Andromax Tool tapi jangan lupa hapus data aplikasinya dulu sebelum di uninstall.
      Saya baru nemuin masalah ini jadi belum tahu benar solusinya tapi bisa sobat coba cara itu

      Delete
  58. nnanti aku coba sob so bru baca artikelnya nech,,kbtulan bru kmrni sya jual andromax c

    ReplyDelete
  59. apa itu bisa berhsil sob...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada yang berhasil ada juga yang gagal tp lebih banyak yang berhasil daripada gagalnya :)

      Delete
  60. Pas jalani anycut nya kenapa tiba2 brenti ya mas?

    ReplyDelete
  61. mantaaaaaaaap gan...

    ReplyDelete
  62. Kalo buat i3s gimana gan.. Saya udah coba cara diatas tapi tetap tidak bisa.. Mohon bantuannya gan..

    ReplyDelete
  63. terimaksih banyak. bermanfaat banget,, :)

    ReplyDelete
  64. download nya bisa di kompuer gak mas?

    ReplyDelete
  65. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  66. Kalau buat andromax i3 bisangak gan ANY CUTnya tolon info lewat BBM 74585E6C

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum pernah coba sob, gak pernah pegang i3

      Delete
  67. di andro c2 gk sukses gan Pke AnyCut & Anrdromax tools v.2

    ReplyDelete
  68. LINK DOWNLOAD SUDAH DIPERBARUI 1 JULI 2014

    ReplyDelete
  69. mas adi di layar hp andromax saya ada lambang seperti tas di bagian ats layar.maksudnya itu apa ya? dan bagaimana cara menghilangkanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu logo pemberitahuan Play Store, kalo tidak mau muncul bisa dihilangkan caranya
      1. Buka Play Store > Pengaturan > Pemberitahuan > Hilangkan Centang
      2. Masih di menu pengaturan > Pembaruan Otomatis > Matikan Pembaruan otomatis

      Delete
    2. gmn cara mengaktifkan wifi untuk andromax i3s


      Delete
  70. bro masa saya engga bisa dah,saya udah yg ke 2 masa balik lagi ke yg pertama ? itu kenapa ya ? tolong dong pencerahannya

    ReplyDelete
  71. Gan andromax I3S saya pada setelan Activity --> select subscrtions cuman tersedia 1...sebenarnya kan harusnya ada 2....pilihan select subscrtions yang paling bawah.... dan ini hanya muncul satu.... jadi any cutnya gk suport ya di i3s?

    ReplyDelete
  72. Aku punya solusi untuk yg APN GSM gak muncul...

    ReplyDelete
  73. Saya smartfren andromax i3. Bisa kok. Berhasil

    ReplyDelete
  74. Mksdnya i3s. Salah ketik saya

    ReplyDelete
  75. tapi ko udh dipaketin masih gabisa sih mas! padahal kuota sudah ada >> mohon petunjuk <<

    ReplyDelete
  76. Mz ni efek smping'a brbaha tdk y? N bz plh ga y? Krn hp sy mlai ssah krim n trima psn

    ReplyDelete
  77. Gan
    Aq uda ikuti tutor di atas tapi sinyalnya kok tetep G gimana solusinya?

    ReplyDelete
  78. makasih bermanfaat

    ReplyDelete
  79. Mas kalo yang nggk ada yang namanya pilih pendaftaran gimana ? Udab di cari cari nggk ada

    ReplyDelete

PERHATIAN !...
*. Baca dulu artikel dan komentar yang ada sebelum Anda menulis komentar
*. Harap berkomentar dengan bijak dan sopan
*. Jika mengajukan pertanyaan, beri centang pada kotak disamping tulisan "Beri tahu saya" untuk mendapatkan jawaban melalui email
*. Dilarang menyertakan "LINK HIDUP", "IKLAN" "SPAM" dalam komentar karena akan dihapus atau dimasukkan ke dalam Comment Spam