Mengganti judul blog dengan judul posting

Sebelumnya saya minta maaf bagi para webmaster yang merasa mempunyai postingan seperti ini tolong beritahu saya karena saya tidak ingin di bilang tulang jiplak artikel orang lain.
Mungkin tutorial ini jarang sekali yang menjadikannya sebagai bahan postingan terbukti saat saya mencari-cari tutorial ini mengalami kesulitan dan tidak pernah menemukan postingan semacam ini entah karena keywordnya yang salah atau apa saya kurang tau juga, dengan sangat terpaksa dan sampe kepala pusing tujuh keliling serta memakan waktu berhari-hari saya otak-atik kode template blog kesayangan saya ini hingga akhirnya saya menemukan cara mengganti judul blog dengan judul postingan dan bahkan judul blognya hilang dan berubah menjadi judul postingan.
Cara ini sebenarnya cukup sederhana tapi berhubung saya masih pemula di dunia blogging dan baru kali ke tiga membuat postingan tentang template blog jadinya ya amat sangat menyulitkan sekali buat saya. Buat sobat blogger yang ingin merubah blognya seperti blog saya ini yaitu judul posting saja yang muncul dan judul blog menjadi hilang silahkan ikuti tutorial ini sampai selesai.
Secara default dari blogger judul postingan selalu berada di belakang judul blog dan untuk menghilangkan judul blog, sobat perlu menambahkan sedikit kode tambahan pada template sobat.

Sekarang coba sobat ikuti cara ini :
1. Silahkan sobat login dulu ke Blogger.com dengan id dan password sobat.
2. Setelah berada pada halaman Dashboard klik menu Tata Letak pada blog sobat yang mau dirubah.
3. Klik tab menu Edit Html
4. Lalu sobat cari code seperti ini :

<title><data:blog.title/></title>

atau kode ini sama saja

<title><data:blog.pagetitle/></title>

Kode ini biasanya berada di bawah kode <head> di bagian atas sendiri. Untuk memudahkan pencarian gunakan menu find atau tekan saja tombol CTRL + F pada keyboard sobat lalu masukkan kode di atas pada kotak yang muncul dan twe we we ketemu dech kodenya.

5. Selanjutnya ganti kode di atas dengan kode di bawah ini :

<b:if cond='data:blog.pageType == "index"'>
<title><data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>


6. Selesai dan klik tombol bertuliskan Simpan Template. Klik link lihat blog lalu klik salah satu judul posting sobat dan lihat hasilnya.

Catatan : Jika sobat ingin menampilkan judul blog di belakang judul posting atau menambahkan keyword di belakang judul posting, sobat tinggal menambahkan kode di belakang </tittle>

Lihat contoh ini ;

<b:if cond='data:blog.pageType == "index"'>
<title><data:blog.title/> | Judul blog sobat atau keyword </title>
<b:else/>
<title><data:blog.pageName/></title>
</b:if>


Jika keyword sobat banyak jangan lupa menambahkan kode seperti ini | Blog Tutorial | Free Mp3 Download | Free Lyrics

Kelar juga ngetik, capek juga tapi tidak apa-apa demi berbagi ilmu meski sedikit tapi berguna.

Selamat mencoba!

7 Responses to "Mengganti judul blog dengan judul posting"

  1. Ane ada masalah gan. Sebelumnya ane kan dah ganti kode blog title ntuh pake kode script biar judulnya bisa jalan ntuh. Nah, pan ane pengen tuh bikin judul postingan jadi judul blog, apalagi yang bisa gerak kayak punya agan. Ane ganti lagi pake kode yang agan kasi, kok tetep ga bisa ya? ane utak atik terus, tetep aja. sampe ane cuba gabungin, ane cuba juga terpisah, tetep juga nihil gan. mohon kasi pencerahan ya gan...
    Makasi. salam kenal dari nubie...
    ^_^

    ReplyDelete
  2. Makasi gan kirimannya, baru ane baca...
    Ane cobain dulu ya,,,,

    ReplyDelete
  3. Langsung lapor lagi gan...

    SUKSEX....WKWKWKWK

    MAKASI BANGET GAN...

    Hm...Kalo agan berkenan, kita tukeran link ya, biar tambah gampang & sering buat saling berkunjung...
    Makasi gan...

    ReplyDelete
  4. siip mas.. tapi saya ingin tahu juga apakah ada cara mengganti "newer post" dan "older post" menjadi judul posting (bukan gambar). mohon bantuannya, biar blog saya http://kidsgen.blogspot.com bisa lebih terlihat dan simple buat anak-anak SD.

    ReplyDelete
  5. Aspemusik4/8/10

    Ok bro thnks....slm musik

    ReplyDelete
  6. Makasih mas infonya...langsung di coba nich...!!!

    ReplyDelete
  7. makasih kang . . izin copas di blog ane,, sumbernya tetep ane tampilin . . .

    ReplyDelete

PERHATIAN !...
*. Baca dulu artikel dan komentar yang ada sebelum Anda menulis komentar
*. Harap berkomentar dengan bijak dan sopan
*. Jika mengajukan pertanyaan, beri centang pada kotak disamping tulisan "Beri tahu saya" untuk mendapatkan jawaban melalui email
*. Dilarang menyertakan "LINK HIDUP", "IKLAN" "SPAM" dalam komentar karena akan dihapus atau dimasukkan ke dalam Comment Spam