Tips Memilih Ponsel/Handphone

Jaman sekarang ganti ponsel/handphone sudah seperti ganti baju, beberapa orang justru tidak "betah" dengan ponsel yang itu itu saja. Bahkan mereka bisa ganti ponsel beberapa kali dalam setahun. Jika ditanya alasan, kebanyakan mereka ingin merasakan fasilitas yang beragam dari ponsel yang ada di pasaran. Alasan lain adalah biar terlihat gaya tentunya.
Ganti ponsel memang tidak salah, tetapi bagi yang hobi berhati-hatilah dalam memilih sebuah ponsel, apalagi jika ponsel itu second atau bekas. Karena kita tidak tahu bagaimana pemilik sebelumnya memperlakukan ponsel tersebut. Berikut beberapa tips/trik memillih ponsel second supaya anda tidak menyesal di kemudian hari.

Langkah-langkah dalam memilih ponsel yang perlu anda perhatikan adalah sebagai berikut:

1. Survey Harga
Sebelum membeli ponsel sebaiknya anda survey dulu harga Ponsel dan PDA second yang berlaku saat itu. Hal ini akan menyelamatkan anda dari membayar lebih mahal dan harga pasar. Untuk mengetahui harga anda dapat cek media yang memuat harga ponsel second seperti koran, tv bahkan internet

2. Kelengkapan
Jangan ragu untuk membongkar isi ponsel supaya anda yakin barang yang akan anda beli masih dalam kondisi yang prima. Perhatikan bateray, charger, segel ori ponsel dan perlengkapan lain. Dan jangan lupa memeriksa enginenya jangan sampai sudah diganti dengan versi lain. Hati-hati dengan casing yang bagus, belum tentu isinya sebagus luarnya.

3. Tanyakan Kondisi Baterai
Kadang kita ragu untuk bertanya bagaimana kondisi bateray, padahal kondisi bateray yang bermasalah membuat kita rugi. Untuk itu bertanyalah kepada penjual dengan sopan. Tanda bateray yang bocor adalah bateray hanya bertahan satu sampai dua hari dalam keadaan stand by dan hanya beberapa jam pada kondisi sering digunakan.

4. Tanyakan Garansi
Tanyakan garansi karena jika tidak ada garansi anda dapat menurunkan harga, karena belum tentu kondisi HP dalam kondisi prima. Garansi beberapa minggu atau beberapa bulan akan lebih baik dari pada tidak ada sama sekali. Tes semua fungsi ponsel tersebut apakah berjalan dengan normal atau tidak jika ada kejanggalan segera hubungi pejualnya.

5. Curiga
Apabila anda menawar kepada orang yang tidak anda kenal di jalan maupun di counter sebaiknya anda selalu menanamkan rasa curiga. Jangan sampai anda membeli barang hasil kejahatan atau semacamnya. Jika ternyata anda membeli barang milik teman anda yang hilang maka urusannya bisa repot. Anda bisa dituduh maling oleh kawan anda sendiri.

4 Responses to "Tips Memilih Ponsel/Handphone"

  1. yang paling penting sebelum mebeli HP mesti punya duit sobat,,,,, hehehe salam kenal,,,

    ReplyDelete
  2. Salam kenal.. nice info..!!

    ReplyDelete
  3. ane kl beli hape selalu pegang koran hape,tp paling percaya ke koran pulsa si sob.
    trus peradingan fitur2nya jg ma uang yang kita punya.
    nah selengkapnya agan yang share ntu betul semua,ane ngikutin saran ini jg koq.

    ReplyDelete
  4. tnx infonya yah...

    ReplyDelete

PERHATIAN !...
*. Baca dulu artikel dan komentar yang ada sebelum Anda menulis komentar
*. Harap berkomentar dengan bijak dan sopan
*. Jika mengajukan pertanyaan, beri centang pada kotak disamping tulisan "Beri tahu saya" untuk mendapatkan jawaban melalui email
*. Dilarang menyertakan "LINK HIDUP", "IKLAN" "SPAM" dalam komentar karena akan dihapus atau dimasukkan ke dalam Comment Spam