Cara mengetahui artikel yang di copy paste (copas)

copas
Cara mengetahui artikel yang di copy paste (copas) - Membuat artikel atau sebuah tulisan tidak semudah apa yang dibayangkan karena membuat sebuah artikel untuk menghiasi Blog dan berbagi perlu sebuah pemikiran, waktu, dan uji coba sebelum di publish kedalam Blog tapi apa yang terjadi jika tiba-tiba artikel yang telah kita buat di copy paste (copas) mentah-mentah oleh orang yang tidak bertanggung jawab dan hanya mementingkan diri sendiri tanpa mempedulikan orang yang membuat artikel?

Pengen marah, jengkel dan lain sebagainya paste berkecamuk dalam benak karena apa yang telah kita buat dengan susah payah dicuri sama orang, sekarang bagaimana kita mengetahui artikel kita di copy paste (copas) atau dicuri oleh orang lain?
Caranya sudah cukup jelas dan banyak sekali dibahas oleh para Blogger dan saya menulis ini bukan dari hasil copas melainkan ide saya sendiri dan dengan cara, bahasa dan versi saya sendiri. Untuk mengetahui artikel yang dicopas, kita bisa menggunakan tools yang banyak bertebaran di internet seperti:
copyscape.com
smallseotools.com/plagiarism-checker
www.plagiarismchecker.com
www.plagscan.com/seesources
plagiarism-detect.com
dan masih banyak lagi yang lain
Jika tidak mau menggunakan tools tersebut saya mempunyai cara yang mudah dan cukup jitu untuk mengetahui artikel kita yang di curi tapi sayangnya cara ini cukup menyita waktu karena kita harus melakukan cek satu persatu semua artikel kita, untuk caranya adalah sebagai berikut:

1. Cari artikel Anda yang dicurigai telah di copas
2. Buka artikel tersebut dan copy beberapa kata atau satu paragraf
3. Paste artikel yang telah Anda copy tadi pada search engine misal Google dengan memberikan tanda petik di awal dan akhir kalimat
Contoh:
"Cara mudah flash android tanpa pc mungkin merupakan cara terbaru dalam dunia ponsel menurut versi saya, trik ini berhasil saya terapkan pada samsung galaxy y young kesayangan saya dan saya rasa trik ini juga bisa diterapkan pada HH yang lain seperti Galaxy Mini, Galaxy Ace, Galaxy W dan lain-lain yang masih tergolong ponsel android"
4. Setelah itu Anda akan disuguhkan beberapa Blog atau website yang telah mencuri artikel milik Anda tapi tidak semua Blog dan website yang disuguhkan oleh Google tersebut memang mencuri artikel karena ada juga Blog atau website yang menampilkan artikel tersebut atas persetujuan Anda sendiri seperti
www.bloglog.com
lintas.me
facebook.com
blogcatalog.com
dan lain-lain
Jadi jangan anggap artikel yang dipublish atas persetujuan Anda tersebut dituduh sebagai tukang copas artikel karena bisa menjadi masalah besar buat Anda sendiri, intinya kita harus pintar memilah mana Blog atau Website yang telah mencuri artikel kita.

Itulah sedikit tips menurut versi saya yang bisa saya share kepada Anda pembaca sekaligus pengunjung Aditya Blogs ini.

7 Responses to "Cara mengetahui artikel yang di copy paste (copas)"

  1. iya nih kegiata copy paste sangat meresahkan,oh iya kalau bisa tidak usah pake verifikasi kata mas,karena orang jadi malas untuk berkomentar termasuk saya,barang kalai ini adalah komentar saya di blog ini,terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang Bun beberapa orang malas untuk comment jika ada Verifikasi kata tapi ini ada baiknya untuk mencegah robot yang comment.

      Thanks masukannya dan akan saya coba kembali nonaktifkan Verifikasi kata

      Delete
    2. Kalau tidak ada verifikasi kan lebih enak :D

      Delete
  2. jadi tambah pengetahuan ni, dengan begitu kita bisa dengan mudah mengetahui artikel kita yang di copas oleh blogger lain ya sob, sangat bermanfaat ni sob, makasih infonya sob

    ReplyDelete
  3. copas ini memang zalim sekali kerana teknologi memudahkan hal ini. Hingga saat ini ia sudah dianggap sesuatu yang lazim

    ReplyDelete
  4. Jadi bisa lebih hati-hati kalau memang mau menggunakan jasa content writer... bisa di cek dulu artikelnya sebelum diposting

    ReplyDelete

PERHATIAN !...
*. Baca dulu artikel dan komentar yang ada sebelum Anda menulis komentar
*. Harap berkomentar dengan bijak dan sopan
*. Jika mengajukan pertanyaan, beri centang pada kotak disamping tulisan "Beri tahu saya" untuk mendapatkan jawaban melalui email
*. Dilarang menyertakan "LINK HIDUP", "IKLAN" "SPAM" dalam komentar karena akan dihapus atau dimasukkan ke dalam Comment Spam