Cara mudah flash android tanpa pc

Cara mudah flash android tanpa pc mungkin merupakan cara terbaru dalam dunia ponsel menurut versi saya, trik ini berhasil saya terapkan pada samsung galaxy y young kesayangan saya dan saya rasa trik ini juga bisa diterapkan pada HH yang lain seperti Galaxy Mini, Galaxy Ace, Galaxy W dan lain-lain yang masih tergolong ponsel android. Trik ini saya dapat dari sekedar iseng karena HH saya sering error dan saya mempunyai ide untuk mencoba  trik ini yang bisa dibilang begitu mudah dilakukan karena tidak memerlukan PC maupun CD Firmware dan hasilnya amat sangat memuaskan serta tanpa biaya sepeserpun. Sebenarnya cara ini bukanlah Flashing melainkan hanya Recovery akan tetapi hasilnya hampir seperti flashing.
Bagi yang berminat melakukan flash HH anda tidak ada salahnya mencoba trik yang saya temukan secara tidak sengaja ini kalaupun nantinya tidak berhasil baru anda bisa melakukan Flashing ulang melalui PC. Langsung saja ke Cara mudah flash android tanpa pc

NB: Resiko ditanggung sendiri

Peralatan yang diperlukan:
1. Micro sd HH minimal 1 Giga
2. Satu HH (Ponsel Android) yang mempunyai type sama dengan milik anda yang mengalami masalah dan mempunyai kondisi yang masih sehat atau bagus.
3. Clockwordmod recovery (CWM) yang sesuai dengan HH anda, Untuk Galaxy Y Young bisa anda download disini

Berikut adalah caranya:
1. Letakkan Clockwordmod recovery (CWM) yang telah anda download pada SdCard HH yang kondisinya masih sehat atau bagus, letakkan di luar saja jangan di dalam folder.
2. Selanjutnya matikan HH anda dan hidupkan pada posisi Recovery Mode yaitu dengan menekan Tombol Volume Up --> Tombol Home dan Tombol Power secara bersamaan sampai menyala dan lepaskan ketiga tombol tersebut.(Untuk Galaxy Y Young, untuk HH yang lain saya kurang tahu tombol apa saja yang di tekan)
3. Setelah masuk kedalam recovery mode pilih Update From SdCard --> Pilih CWM.zip ( gunakan tombol volume up dan volume down untuk menggeser ke atas dan ke bawah) lalu tekan OK dengan menekan tombol Home
4. Pilih Backup And Restore --> Lalu pilih Backup, tunggu kurang lebih 10 menit sampai proses backup selesai. Setelah proses backup selesai Reboot HH anda dan lepas SdCardnya.
5. Selanjutnya SdCard yang berisi file backup tadi masukkan kedalam HH milik anda yang mengalami masalah.
6. Hidupkan HH anda yang mengalami masalah dengan cara seperti nomor 2 diatas
7. Jalankan langkah pada nomor 3 di atas
8. Jalankan langkah pada nomor 4 diatas
9. Selanjutnya klik Wipe Cache data dan klik Wipe Partition Data--> Selanjutnya Pilih Backup And Restore --> Pilih Restore --> Pilih Advance Restore --> Pilih Restore System pilih ok dengan menekan tombol home
Tunggu kurang lebih 10 menit sampai proses restore selesai setelah itu reboot HH anda.
Selesai dan Selamat HH anda sudah terlahir kembali. Jika setelah melakukan cara diatas HH anda tetap error silahkan lakukan flashing firmware menggunakan PC.

Untuk masalah ini saya mohon maaf jika penjelasannya kurang jelas karena saya tidak pandai dalam menyusun kata-kata. Jika ada pertanyaan tentang masalah ini silahkan tinggalkan komentar.

Baca ini juga:
Cara flashing/install ulang firmware Samsung galaxy y young

67 Responses to "Cara mudah flash android tanpa pc"

  1. selamat pagi mas,hh andromax e860 punya saya udah 5 hari ini kondisi bootloop yaitu tiap dihidupin selalu ke mode fastboot secara automatis dan gak bisa masuk ke mode recovery.
    apakah solusi yang tepat?
    tentu selain mode recovery.
    sekian terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba pake CWM Recovery, kalo tetap gak bisa solusinya flashing pake PC

      Delete
    2. Gan,ane mau nanya???ane punya galyoung udah upgrade ke jellyblast v3.caranya buat kembalikan ke versi pabrik gimana gan???mohon bantuannya dengat sangat..terima kasih sebelumnya.

      Delete
    3. upgrade jellyblast
      dapat membuat perubahan di dalamnya
      mungkin restore CMW tidak dapat mengembalikan ke versi pabrik hehe..
      juga walaupun dengan cara data factory reset
      cara satu - satunya dengan flash android/install ulang android
      flash android googleing aja
      :D

      Delete
    4. Udah coba di wipe data, wipe cache, wipe dalvik cache, format system, format data dan format cache? kalo belum silahkan dicoba dulu baru comment lagi

      thanks sudah berkunjung

      Delete
  2. kalo movimax p3 gimana caranya, soalnya bootloop terus nih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Komentar ini telah dihapus oleh penulis.

      Delete
    2. Lakukan hard reset:
      Caranya matikan dan nyalakan HH, pada saat muncul logo movimax background putih tekan tombol volume down (-) dan tahan, nanti keluar tulisan cina terus pilih yang paling atas sebelah kanan terus klik.
      Setelah itu nanti masuk ke menu lain an ada pilihan lagi, pilih yang kanan baris kedua dan klik, tunggu muncul ok dan cancel dibagian bawah (tulisan china).
      Terus nanti pilih lagi di menu ke 2 sebelah kiri baris ke 3 tekan OK, abis itu HH shutdown otomatis.
      Nyalakan HH nanti dia booting tapi agak lama, gak kaya biasanya karena lagi memperbaiki system.
      Selamat mencoba.

      NB: sebelah kanan berarti kaya agan baca tulisan arab dimulai dari sebelah kanan.

      Delete
    3. msh lom bsa bos,msh ttp masuk ke menu email, cuma bedanya di kiri bawah ada tulisan mode aman, ad cara lgi gk bos, mksih nh bos....

      Delete
  3. Maaf mas saya gak bisa jawab soalnya gak pernah punya tablet

    ReplyDelete
  4. Aaaaaaarghh postingan nye berkelas bngt baaaang ;;) ane suka ini (y) (diambil dr pengalaman) jd postingan yg kek bgni jarang bngt bannnng!

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang di blog ini yang saya tulis hanya dari pengalaman yang pernah saya coba dan saya terapkan, jika berhasil langsung saya posting kalau tidak ya tidak saya posting kasihan nanti yang mencoba hehehe....

      Delete
    2. gan please minta backupan nya..semua teman ane gak ada yg punya
      ini HH saya Samsung Galaxy Ace S5830i
      please gan..

      Delete
  5. makasih gan,,,,
    oh ya, yamaha ngadain lomba blog nih. total hadiah 15jt. ini contoh tulisan ane http://www.ekonsul.com/2013/03/yamaha-new-xeon-rc-cepetnya-dapet.html

    ReplyDelete
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    ReplyDelete
  7. maaf gan agak melenceng pertanyaannya,
    itu kalau backup system, emang bisa terbackup semua data ya gan atau mungkin tertentu saja? dan lagi

    HH gue galyos GT S6102 multitaskingnya ngecewain banget gan, Misalkan gue buka OP terus buka UC dan juga SMS.. pas mo balik ke OP.. dianya dah ilang dan harus buka dari awal lagi.. kira2 tu karna RAM tang terlalu kecil apa emang HH nya yang error.. mohon bantuannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk backup system semua data akan terbackup bahkan aplikasi yang telah anda instal akan ikut terbackup.
      Multitask Galyos memang seperti itu karena samsung tidak memakai system symbian kalo memakai system symbian kita bisa membuka beberapa aplikasi sekaligus tanpa balik lagi dari awal

      Delete
    2. Mungkin RAMnya Kecil Gan... System Android Kan Kalo Buka App Tp RAM G Cukup Bakal Otomatis Nutup App Yg G Kepakek....Symbian Kalo Terlalu Banyak Buka App Sekaligus Jg Bakal Berat Hpnya Malah Bisa" Restart Ndiri Coz G Bisa Otomatis Matiin App... Galmin Ane G Ada Masalah Buka App 5Skaligus... Kecuali Game HD...

      Delete
  8. Gan mau tnya,gal w sya suka ngehand dan pnuh ramnya gra2 dlu sya pnah flash n partisi,tp skarang udh sya fctory reset..tp te2p ja eror,mhon bntuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di flash ulang saja mas dan jangan di partisi lagi, untuk cara flash sudah saya tulis juga di blog ini, silahkan baca disini http://bl1t4r.blogspot.com/2013/05/cara-flashinginstall-ulang-firmware.html (untuk Samsung Galaxy Y Young)

      Delete
  9. mau nanya ni gan,saya pakek samsung galaxy gt-i9003 sl.yang mau saya tanya hp saya bootlopp terus saya flash pakek odin,tanpa saya perhatikan dengan teliti ternyata saya salah memasukkan firmware,truss gara2 itu sekarang hp saya jdi softbrick.,malah kalau di hidupkan tampilannya hitam aja.tapi kalau download mode masih mau...dh sya bwa ke counter servisan katanya kena IC memory tp saya g` yakin..karena harganyapun terlalu mahal.
    mohon pencerahannya..
    dan 1 lagi hp say msih OS froyo...
    and cara memecah file di sammobile gmna y?saya dah pkk saya dah pkk segala jenis sofware dan caranya saya praktekkan masih g` mau?
    terakhir sya pkk ordinatrik tp masih g` mau..
    mahon petunjuknya..
    terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba flash ulang dengan cara ini sob, kunjungi Url berikut:
      http://forum.xda-developers.com/showthread.php?t=1004622
      Jika dengan cara tersebut masih tidak bisa juga bisa dipastikan IC memory HH sobat bermasalah

      Semoga membantu serta masalah segera teratasi dan trims sudah berkunjung ke blog saya

      Delete
  10. Gan ini bisa ngebalikin versi android ngga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa sob tapi dengan satu syarat yaitu HH sobat belum pernah dirubah Versi kernelnya seperti contohnya ganti Custom ROM terutama JellyBlast V3

      Delete
  11. Gan,ane mau nanya???ane punya galyoung udah upgrade ke jellyblast v3.caranya buat kembalikan ke versi pabrik gimana gan???mohon bantuannya dengan sangat..terima kasih sebelumnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus di flash ulang sob soalnya kernelnya sudah berubah, dengan cara di atas juga bisa tapi kernelnya tetap punya jellyblast V2 dan kalau mau kembali total seperti sediakala satu-satunya jalan harus di flash ulang. Untuk caranya silahkan baca disini http://bl1t4r.blogspot.com/2013/05/cara-flashinginstall-ulang-firmware.html

      Delete
  12. mau tanyak gan kalau samsung galaxy note 10.1 kok teap hgak bisa ya pakai cwm recovery mohon pencerahanya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. cwm recovery untuk galaxy note 10.1 bisa di install melalui odin tapi setahu saya saat ini masih dalam tahap beta, kebanyakan gagal dalam penginstalan meskipun mungkin ada juga yang berhasil

      Delete
  13. salam...gan, saya punya nexus s crespo setiap di tekan power+volume up selalu keluar gambar robot android dan ada tanda seru, mohon pencerahannya?.....
    terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mungkin Mas Harry mengikuti dengan benar tutorial ini, perlu saya tegaskan untuk langkah No.2 tidak semua android sama caranya dan mungkin pada HH Mas Harry belum terinstall CWM.
      Solusi untuk cara No. 2 dan install CWM silahkan cari di Google soalnya saya belum membuat tutorial tentang Nexus S Crespo

      Salam kembali dan makasih sudah mampir ke blog saya

      Delete
  14. gan, galaxy y ane udh di Upgrade ke KitKat 4.4 apakah benar ini caranya supaya menjadi StockRom Pabrik?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru balas soalnya beberapa hari off karena sibuk. Benar mas ini adalah salah satu cara termudah udah banyak yang berhasil pake cara ini

      Delete
  15. Gan.. Klo hh sgap trjebak di boot gmn gan... Dh di wipe n factory reset ttap j gx idup..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba cara di atas sob kalo tetep gak bisa berarti harus di flash pake komputer

      Delete
  16. mas saya oprek oprek samsung galaxy s advance saya menggunakan room tool box pro di menu theme manager,,,setelah saya instal hp saya malah gak kuat buat dan sering restart memang salah saya tidak di back up...mohon solusinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa pake cara diatas atau kalo mau lebih maknyos di Flash ulang mas

      Delete
  17. Gan klow hp di root cepet rusak gak

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak sob cuma garansi aja yang hilang

      Delete
  18. mas mau tanya, kalo HH sering macet terus ngerestart sendiri itu knp ya?? udah saya reset factory tp ttp kaya gitu lagi... bingung mau di apain lg..
    hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu kalo gak salah karena pemakaian ram terlalu besar sebaiknya di flash ulang aja sob

      Delete
  19. gan, kok gak ada bahasa indonesianya? klo mao ubah bahasa indonesia gimna?

    ReplyDelete
  20. Baca ini sob http://bl1t4r.blogspot.com/2013/06/merubah-dan-menambah-bahasa-di-ponsel.html

    ReplyDelete
  21. terimakasih gan,,, sangat berguna banget ini artikel,,,,
    hh saya idup lagi sekarang,,, terimakasih gan,,,,

    ReplyDelete
  22. Gan mohon bantuanya hp saya galaxy y
    6310 kok gak bs masuk recovery mode

    ReplyDelete
    Replies
    1. pencet tombol volume up, home dan tombol power bersamaan kalo tetap tidak bisa berarti harus di flash ulang sob

      Delete
  23. 6. Hidupkan HH anda yang mengalami masalah dengan cara seperti nomor 2 diatas
    7. Jalankan langkah pada nomor 3 di atas
    8. Jalankan langkah pada nomor 4 diatas
    Sedangkan
    3. Setelah masuk kedalam recovery mode pilih Update From SdCard --> Pilih CWM.zip ( gunakan tombol volume up dan volume down untuk menggeser ke atas dan ke bawah) lalu tekan OK dengan menekan tombol Home
    4. Pilih Backup And Restore --> Lalu pilih Backup, tunggu kurang lebih 10 menit sampai proses backup selesai. Setelah proses backup selesai Reboot HH anda dan lepas SdCardnya.
    brarti nomer 8 itu backup yang bootlop dong??
    #maaf kurang mengerti..

    ReplyDelete
  24. Baca dan ikuti caranya jika hpnya bermasalah jika cuma baca aja malah bingung jadi harus sambil dipraktekin satu persatu

    ReplyDelete
  25. kalo gak bisa mount sysem gimana slusinya gan?
    please udah instal belasan kali gak juga bisa. udah coba cara agan juga gak bisa, mohon bantuannya gan!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah di Root apa belum HH-nya?
      Gak usah pake mount system cukup wipe data, wipe cache dan wipe dalvick cache langsung restore

      Delete
  26. mas ,,kalo polytron gmn ya ,,
    saya udah ke recovery mode ,trus udah revoot system, tpi ga bisa uga itu gmn mas ?

    ReplyDelete
  27. Maturnuwon mas
    Salam anak SMA 1 Blitar...

    ReplyDelete
  28. ntar kontak sms sma akun googlenya kehapus gak gan ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kehapus sob makanya harus di backup dulu semua data penting, kalo hh udah terlanjur rusak terpaksa harus ikhlas semua data ilang

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  29. gan masih blm bisa jg
    udh diikuti cara yg diatas ..

    HH saya masih ada tulisan
    proses com.android terhenti

    gan ada nomor HP kah ?
    mau berguru sama yg pinter gan

    ReplyDelete
  30. gan letak file WMT_SOC.cfg di sebelah mana ya

    ReplyDelete
  31. Gan bagaimaimana cara memeperbaiki galyong yang bootloop

    ReplyDelete
  32. terimakasih,ilmu yang bermanfaat.ijin untuk mencoba,mudah mudahan berhasil

    ReplyDelete
  33. wwmzip tidak bekerja gan.

    ReplyDelete
  34. makasih gan hh ane dah gak bootloop :D

    ReplyDelete
  35. kok lama ya reboot nya??

    ReplyDelete
  36. Gan, hp saya samsung ace 3.udah saya flash pake odin.udah sukses tp masik stuck logo gan.mohon pencerahannya

    ReplyDelete
  37. gan mhn bantuannya, saya punya samsung ace 5830 kondisi hang di logo samsung saja, tidak bisa masuk ke recovery dan ke download mode. adakah cara lain utk melakukkan flashing?
    makasi

    ReplyDelete
  38. Gan kok ada tulisan tidak ada perintah ..cara mengatasi nya dengan mudah gimana gan

    ReplyDelete

PERHATIAN !...
*. Baca dulu artikel dan komentar yang ada sebelum Anda menulis komentar
*. Harap berkomentar dengan bijak dan sopan
*. Jika mengajukan pertanyaan, beri centang pada kotak disamping tulisan "Beri tahu saya" untuk mendapatkan jawaban melalui email
*. Dilarang menyertakan "LINK HIDUP", "IKLAN" "SPAM" dalam komentar karena akan dihapus atau dimasukkan ke dalam Comment Spam